Palembang harap jadi tuan rumah permanen MXGP

id MXGP,motocross,balap,otomotif,MXGP2019

Pekerjaan pembuataan sirkuit MXGP 2019 di kompleks OPI Mall, Palembang, Selasa (2/7). (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Kota Palembang, Sumatera Selatan berharap menjadi tuan rumah permanen untuk salah satu seri Motocross Grand Prix MXGP pada tahun-tahun mendatang setelah 2019 ini mendapatkan kesempatan menggantikan Pangkal Pinang.



Staf Ahli Bidang Olahraga Irwansyah di Palembang, Jumat, mengatakan, Gubernur Sumatera Selatan sudah menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah pada 2020 dan tahun-tahun berikutnya ke pemegang otoritas pelaksana MXGP, Youthstream.



“Pemerintah Provinsi sudah menyatakan hal ini ke Youthstream, dan semoga saja disetujui,” kata Irwansyah yang diwawancarai di arena MXGP OPI Mall.



Palembang dipercaya menjadi penyelenggara seri ke-3 MXGP 2019, yang menjadi pengalaman pertama bagi kota yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini.



Sejak 2017, Youthstream selalu memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk menyelenggarakan dua seri yakni dengan memilih Kota Pangkal Pinang dan Kota Semarang. Namun pada 2019 ini, Youthstream memilih Palembang dan Semarang.



Ia mengungkapkan bahwa persiapan yang dilakukan Palembang ini mendapat apresiasi dari para crosser dunia ini, bahkan Youthstream selaku otoritas penyelenggara MXGP menyatakan bahwa arena di Palembang ini salah satu yang terbaik di dunia.



Palembang yang kali pertama menjadi tuan rumah MXGP menyediakan lokasi pertandingan yang sangat representatif di kawasan Jakabaring Sport City, yakni tepatnya berada di dalam kawasan mall dan hotel. Lokasinya persis berada di muka Hotel Wydham Palembang.



“Saya sudah tanyakan, mereka katakan Palembang yang terbaik saat ini,” kata dia.



Sementara itu, arena perlombaan seri Kejuaraan Dunia Motocross Grand Prix (MXGP) di Sirkuit OPI Mall Palembang dipastikan siap digunakan oleh para pembalap pada Sabtu (6/7).



Pantauan Antara, Jumat (5/7), lintasan sejauh 1,6 kilometer yang terdiri dari gundukan-gundukan tanah liat sudah terbentuk dengan kokoh. Terdapat gundukan setinggi 3 meter, dan ada gundukan tanah yang hanya satu meter.



Berbagai sarana dan prasarana pendukung lainnya pun sudah terpasang, seperti tribun penonton dan tribun VIP, tenda panitia, dan ruangan kesehatan serta tenda paddock pembalap.



Puluhan pembalap dari 18 negara dipastikan akan ambil bagian pada seri ketiga Kejuaraan Dunia MXGP 2019, 6-7 Juli 2019. Sebanyak 20 crosser akan terjun pada nomor MX1 (MXGP) dan 21 crosser pada nomor MX2.



Indonesia sebagai tuan rumah mendapatkan wild card untuk tiga pembalapnya Farhan Hendro dan Andri Lazaroni akan turun pada nomor MX1 (MXGP) dan Delvintor Alfarizi yang berlaga di MX2. Selain MXGP, Palembang juga menyelenggarakan kejurnas yang diikuti 60 orang crosser nasional untuk memperebutkan Piala Gubernur Sumsel Herman Deru.



 

Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar