Harga cengkih di Ambon terus bergerak turun

id Ambon, cengkih, perkebunan

Harga cengkih di Ambon terus bergerak turun

Cengkih di gudang salah satu penampung di Kota Ambon (John Soplanit)

Ambon (ANTARA) - Harga hasil perkebunan Maluku yakni cengkih yang ditawarkan para pengepul di Kota Ambon terus bergerak turun hingga mencapai Rp61.000 dari sebelumnya Rp64.000 per kilogram. 

Pantauan di lokasi transaksi di kawasan jalan Setia Budi, kawasan Rijoly, Kelurahan Batu gajah, Jumat, pengepul mematok harga cengkih Rp61.000 per kg turun dari sebelumnya Rp64.000 per kg, sedangkan harga hasil perkebunan yang lain masih tetap bertahan.

Harga biji pala bundar bertahan tetapi bervariasi dari Rp64.000 hingga Rp65.000, tergantung kondisi biji pala.

Harga fuli (pembungkus biji pala) Rp220.000 per kg, coklat Rp5.000 per kg, dan kopra sedikit bergerak naik dari Rp4.000 menjadi Rp4.100 per kg. 

"Patokan harga berbagai hasil perkebunan ini sudah bertahan sejak awal bulan ini, kecuali cengkih yang selalu saja terjadi perubahan harga turun," kata Evi, pemilik toko sekaligus dijadikan tempat transaksi.

Kalau harga cengkih sekarang ini kita tidak bisa prediksi akan terjadi perubahan turun atau tidak sebab di berbagai daerah sekarang ini masa musim panen, seperti di Pulau Ambon saja ada beberapa desa yang lagi mengalami musim panen.

"Mudah-mudahan harga yang sekarang ini bisa terus bertahan atau terjadi perubahan naik, sebab kami selalu memantau perkembangan harga di pasar utama Surabaya," katanya.

Ia menyebutkan kalau terjadi penurunan atau harga naik sudah pasti berpengaruh di Ambon dan Maluku pada umumnya, sebab hasil pengepulan di Ambon kembali dijual ke Surabaya yang selama ini dijadikan sebagai pasar utama sekaligus pelabuhan ekspor hasil perkebunan daerah itu. 

Begitu juga hasil perkebunan yang lain, apa lagi biji pala bundar yang pasti harga tidak sama dimana kondisi pala bundar yang terlihat sangat baik harganya R65.000 per kg dan bertahan selama ini, sedangkan yang terlihat keriput, pasti harga di bawah Rp5.000 per kg. 

Evi menambahkan saat ini harga hasil perkebunan yang lumayan hanya fuli pala yakni Rp220.000, itu juga sudah bergerak turun jika dibanding bulan lalu yang mencapai Rp265.000 per kg.

Sedangkan untuk komoditas coklat sampai sekarang masih terbilang bagus yakni Rp265.000 per kg, dan kopra Rp4.100 per kg.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar