Kunjungan wisman ke Sulsel turun 5,08 persen

id Turis asing,Wisman,BPS,Turis,yos rusdiansyah

Kunjungan wisman ke Sulsel turun 5,08 persen

Dok. Sejumlah turis mancanegara berjalan menuju kapal pesiar Seabourn Spirit saat sandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, beberapa waktu lalu. ANTARA/Yusran Uccang/ed/pd

Makassar (ANTARA) - Sebanyak 1.440 wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Makassar pada Oktober 2019 atau lebih sedikit dibanding bulan sebelumnya, yakni 1.517 orang.

"Ada penurunan sekitar 77 orang. Kalau kita persentasekan itu sekitar 5,08 persen penurunannya," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Yos Rusdiansyah di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, 1.440 turis asing itu masuk melalui pintu pelabuhan maupun bandar udara (bandara).

Fluktuasi atau naik turunnya jumlah kunjungan banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya liburan, kegiatan maupun lainnya yang dapat mempengaruhi kunjungan ke Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Turis-turis asing itu selalu memperhatikan musim kalau ingin berwisata ke luar negeri," katanya.

Mereka memang mempersiapkan jauh-jauh hari. "Salah satu yang dipersiapkan itu berlibur di akhir tahun," katanya.

Berdasarkan data dari BPS, terdapat sepuluh negara yang menyumbang pelancong terbesar selama Oktober 2019, yakni Malaysia, Amerika Serikat, Jerman, Singapura dan Prancis. Kemudian, Belanda, Inggris, China, Swis dan Thailand.

"Turis yang banyak berkunjung dari Benua Asia, khususnya Asia Tenggara. Kemudian dari Amerika dan Benua Eropa," katanya.

Secara tahunan atau "year on year" (yoy) jumlah kunjungan wisman Oktober 2019 juga cukup baik dengan peningkatan sebesar 21,31 persen atau sebanyak 1.187 kunjungan pada Oktober 2018.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar