Umum - Arwan Cahyadi Pimpin FOBI Sulsel

id arwan cahyadi, fobi sulsel, barongsai, koni sulsel, nukhrawi nawir

Umum - Arwan Cahyadi Pimpin FOBI Sulsel

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Basri Marzuki)

Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengusaha asal Sulawesi Selatan Arwan Cahyadi mendapat kepercayaan memimpin Pengprov Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Sulsel periode 2013-2017.

Sekretaris Umum KONI Sulsel (demisioner) Nukhrawi Nawir, di Makassar, Senin, mengatakan, penunjukan Arwan Cahyadi itu karena dia dinilai memiliki kapabilitas dan komitmen terhadap olahraga tersebut.

"KONI Sulsel baru saja melakukan pertemuan dengan para pengurus FOBI Sulsel yang baru terbentuk. Kita tentu berharap olahraga yang baru saja masuk anggota KONI ini bisa berkembang dan menjadi andalan Sulsel baik ditingkat nasional hingga internasional," jelasnya.

Pada Musornas KONI di Bandung, 22 Februari 2013, para peserta menyepakati memasukkan barongsai menjadi cabang olahraga nasional. Selain itu disepakati pula sembilan cabang olahraga lain seperti jet ski, muay thai, rugby, arung jeram, kabaddi, gateball, serta wootball.

Terkait perkembangan olahraga barongsai di Makassar, Nukhrawi meyatakan sejauh ini cukup baik. Bahkan beberapa kejuaraan nasional secara rutin dilakukan dan itu merupakan peluang untuk meraih prestasi.

"Tim barongsai Makassar dan Sulsel sudah menunjukkan kemampuannya dengan tampil sebagai juara tiga dan harapan I pada Kejurnas Barongsai Celebes di Makassar. Intinya cabang barongsai berpotensi menyumbangkan medali bagi Sulsel pada kejuaraan mendatang," katanya.

Pada pelaksanaan kejurnas Barongsai Celebes di Makassar, 30-31 Maret 2013, Tim Barongsai DKI Jakarta Suaka Insan tampil sebagai yang terbaik di kategori tonggak. Sementara tim Lima Bakti asal Surabaya meraih peringkat pertama pada kategori lantai yang digelar Sabtu (30/3).

Kemenangan tim Suaka Insan tersebut sekaligus membalas kekalahannya dari tim Kong Ha Hong B pada pelaksanaan Makassar Open 2012. Tim Suaka Insan juga berhasil mengungguli tim Kong Ha Hong A yang harus puas menempati peringkat tiga.

Sedangkan wakil Makassar Naga Langit A yang sejak awal cukup diunggulkan berhasil meraih juara harapan I. Wakil Makassar tersebut lebih baik dari Lima Bhakti B asal Surabaya serta rekannya dari Naga Langit B yang masing-masing meraih juara Harapan II dan III.

Sementara untuk kategori lantai atau tradisional diraih Lima Bhakti. Tim asal Surabaya itu berhasil mengungguli pesaing terdekatnya yang juga rekan setimnya dari Lima Bhakti B. Adapun Wakil Makassar GX Lion Dance harus puas dengan peringkat ketiga.

Marketing Communication GTC Mall Erni Tri Astuti, menyatakan, untuk pelaksanaan kejurnas barongsai 2013 diikuti puluhan tim terbaik dari sejumlah daerah yakni Jakarta, Surabaya, Sorong, dan Sulsel. Adapun tim tersebut diantaranya GX Lion Dance, Naga Langit, Yayasan Lima Bhakti, Shaolin , GX Lion Dance, Yayasan Bhakti serta Fei Long.

Erni menjelskan, kejurnas barongsai merupakan agenda tahunan dari manajemen. Komitmen tersebut juga sebagai bentuk kepedulian terhadap olahraga yang baru saja terdaftar dalam keanggotaan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tersebut.

Editor : J Suswanto
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar