Sinjai, Sulawesi Selatan (ANTARA) - Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong menghadiri launching dan bedah buku Sinjai Nol Kilometer serta Facebook Bertanya Saya Menjawab di Kantor Sinjai Info, Kabupaten Sinjai, Rabu.

Andi Kartini menyampaikan penghargaan atas lahirnya buku Sinjai Nol Kilometer  dan Facebook Bertanya Saya Menjawab merupakan hasil karya jurnalis Sinjai, Zainal Abidin Ridwan.  

Menurut dia, buku yang sarat sejarah ini merupakan sebuah karya penting yang mampu memberikan gambaran mengenai sejarah Sinjai, dan masih banyak momen penting dalam perjalanan sejarah Sinjai yang belum diketahui masyarakat setempat.

"Terimakasih kepada penulis-penulis Sinjai yang mampu memberikan sumbangsih karya luar biasa kepada generasi sekarang yang mulai kehilangan jejak sejarah," ujar Andi Kartini.

Sementara itu, Zainal Abidin Ridwan menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati Sinjai pada launching bukunya.

"Kehadiran beliau adalah penyemangat bagi kami sebagai pegiat literasi," tutur Zainal.

Menurutnya, hal tersebut merupakan bukti bahwa Pemda Sinjai menaruh perhatian besar pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui gerakan literasi.

"Khusus untuk buku Facebook bertanya saya menjawab,  adalah bagian dari literasi digital, ternyata status baik yang kita unggah di media sosial, bisa menjadi sebuah buku," katanya.

Kemudian untuk buku Sinjai Nol Kilometer, adalah antologi kisah Sinjai masa lampau, serta semua kisah unik dan menggelitik namun berdasarkan fakta meski itu sebagian besar adalah bahasa tutur menjadi identitas kita di Sinjai.

Zainal berharap Pemkab Sinjai lebih menaruh perhatian besar pada kegiatan yang sifatnya mendorong penguatan SDM di Sinjai, salah satunya adalah gerakan pemasyarakatan minat baca dan tulis.

"Semoga dua buku saya ini bisa menginspirasi untuk lahirnya buku lain, dari anak-anak muda Sinjai," harapnya.

Di akhir acara, Wakil Bupati Sinjai bersama penulis menyerahkan buku Sinjai Nol Kilometer dan Facebook Bertanya Saya Menjawab kepada perwakilan beberapa komunitas literasi di Sinjai.

Pewarta : -
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024