Malili (ANTARA) - Bupati Luwu Timur (Lutim) Muhammad Thoriq Husler memantau langsung pelaksanaan pemilihan kepala desa ( Pilkades) serentak 2019 di kabupaten setempat.

"Alhamdulillah sejauh ini penyelenggaraan Pilkades berjalan lancar," kata Thoriq Husler, saat memantau pilkades serentak pada beberapa desa di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Rabu (20/11).

Bupati mengatakan Pilkades adalah proses politik, tentunya ada calon yang menang dan kalah, dan itu sudah lumrah dalam politik.

"Kita harapkan pilkades hari ini berlangsung aman, tertib dan lancer, seluruh warga dapat berpartisipasi menyalurkan hak pilihnya dan tetap menjaga kerukunan meskipun berbeda pilihan," pesan Husler.

Bupati berpesan kepada calon-calon kades terpilih nantinya harus amanah dan dapat membangun desa masing-masing untuk kepentingan masyarakat.

Menurut dia, kades terpilih harus merangkul semua warganya, hilangkan perbedaan dan bersatu kembali sehingga pemerintahan bisa berjalan lancar dan pelayanan kepada masyarakat berlanjut .

Bupati juga mengucapkan terimakasihnya kepada aparat kepolisian dan TNI yang terlibat penuh mengamankan proses Pilkades sehingga berjalan aman dan damai.

Pilkades serentak di Kabupaten Lutim digelar di 45 desa  diikuti 158 calon kepala desa dengan jumlah TPS tercatat sebanyak 83 TPS. Daftar pemilih tetap (DPT) bejumlah 65.174 wajib pilih dengan incian 32.906 laki-laki dan DPT perempuan sebanyak 32.268 orang. Adapun jumlah surat suara yang dicetak sebanyak 66.477 termasuk cadangan 2 persen.

Pewarta : Julius
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024