Makassar (ANTARA) - Wakil Rektor III Universitas Islam Makassar (UIM), Dr H Abd Rahim menyampaikan ada 88 mahasiswa UIM yang telah meraih beasiswa Bidikmisi tahun 2020 ini.

Hal itu sekaligus mencatatkan UIM sebagai kampus dengan peraih terbanyak program beasiswa Bidikmisi 2020 ini.

"UIM terbanyak (meraih beasiswa Bidikmisi) meloloskan mahasiswa. Sebanyak 88 orang mahasiswa pada tahun ini mendapatkan subsidi pembiayaan kuliah dari pemerintah," kata Rahim di Makassar, Selasa.

Beasiswa Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Beasiswa tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik bagus. Mahasiswa harus memiliki Indeks Prestasi/IP 3,0 ke atas di setiap semester hingga selesai.

"Alhamdulillah kami sudah menandatangani proses transferan biaya ke rekening mahasiswa masing-masing. Kurang lebih totalnya sebanyak Rp300 juta," tambahnya.

Selain itu, beasiswa Bidikmisi juga menjadi salah satu program beasiswa yang disediakan dan difasilitasi Rektor UIM, Majdah Arifin Nu'mang untuk mendorong mahasiswanya memiliki prestasi akademik yang baik.

"Juga ada beasiswa Pemda dari tujuh pemkot/pemkab se-Sulsel. Termasuk beberapa dari pemerintah daerah di luar Sulsel," rincinya.

Kepastian 88 orang mahasiswa UIM meraih beasiswa itu kata Rahim telah diketahui sejak pekan lalu. Keputusan penerimaan beasiswa ini menjadi sejarah tersendiri dengan penerima terbanyak bagi lembaga pendidikan tinggi swasta di Makassar.

"Tentunya ini merupakan kepercayaan dari pemerintah terhadap UIM untuk bisa memberikan pendidikan terbaik dengan bantuan pembiayaan dari negara," tambah Rektor UIM, DR Ir Hj A Majdah M Zain.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024