Mamuju (ANTARA News) - Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, ditetapkan sebagai juara pertama dalam lomba kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Barar pada peringatan HUT ke-65 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketua Panitia Lomba HUT RI tingkat provinsi Sulbar, Naim Thahir di Mamuju, Kamis, mengatakan, sesuai dengan surat keputusan Gubernur nomor 324 tahun 2010 tentang penetapan juara perlombahan desa dan kelurahan, maka juara pertama ini diraih Kelurahan Baurung Majene.

"Pemenang kedua Kelurahan Baras, Kecamatan Baras, Mamuju Utara dan pemenang ketiga Kelurahan Mambi, Kecamatan Mambi kabupaten Mamasa," ungkapnya.

Untuk lomba desa, pemenang pertama diraih  Desa Adolang, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, kemudian juara kedua Desa Ralleanak, Kecamatan Aralle, Kabupaten Mamasa dan posisi ketiga dimenangkan Desa Tammejarra, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar. 

Ia mengatakan, lomba ini berdasarkan hasil penilaian tim penilai perlombaan desa dan kelurahan tingkat Sulbar yang dilaksanakan 3 - 15 Juni 2010.

"Kegiatan ini juga dilaksanakan sesuai Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permedagri) nomor 13 tahun 2010 tentang pedoman penyelenggaraan perlombaan desa dan kelurahan," ucapnya.

Dia mengungkapkan, permendagri ini bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan di pedesaan dan kelurahan melalui usaha gerakan pembangunan desa dan kelurahan dengan sasaran seluruh aspek kehidupan dan penghidupan masyarakat yang dilakukan secara terpadu.

"Kita berharap, kegiatan lomba desa dan kelurahan ini dapat memotivasi bagi kelurahan dan desa lainnya untuk meraih prestasi yang sama pada pelaksanaan lomba tahun berikutnya," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk juara lomba kelurahan tingkat Sulbar berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp250 juta sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang dicapainya. (T.KR-ACO/F003)

   

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024