Makassar (ANTARA) - Sebanyak 11 mahasiswa Universitas Hasanuddin terlibat dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik COVID-19 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Salah seorang peserta, Aulia Puji Astuti di Makassar, Jumat mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari program Relawan COVID-19 Nasional (RECON), yang bertujuan memaksimalkan peran mahasiswa dalam kondisi pandemi.

Aulia menuturkan program tersebut juga dimaksudkan sebagai bentuk aksi nyata dalam mendorong masyarakat melakukan perubahan perilaku agar disiplin dan menaati protokol kesehatan dengan pendampingan humanis oleh mahasiswa.

"Sebelum melaksanakan pengabdian, mahasiswa terlebih dahulu diberikan pembekalan secara daring sesuai tema umum dan tema khusus COVID-19," katanya.

"Pelaksanaan KKN Tematik COVID-19 memiliki target output berupa log book harian pelaksanaan komunikasi, informasi, dan edukasi untuk adaptasi kebiasaan baru, refleksi perubahan perilaku masyarakat, video dan tulisan untuk kampanye adaptasi kebiasaan baru," lanjut mahasiswa Fakultas MIPA itu.

KKN Tematik COVID-19 merupakan aktualisasi kolaborasi Ditjen Dikti Kemdikbud bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rektor Perguruan Tinggi dan pemangku kepentingan terkait hingga tingkat daerah.

Program kolaborasi KKN Tematik berfokus pada Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) serta untuk adaptasi kebiasaan baru.

Program KKN Tematik dilaksanakan dengan tiga jenis program, yakni KKN Tematik COVID-19 Daring, KKN Tematik COVID-19 Luring, KKN Tematik Literasi & Numerasi (secara daring dan luring).

"Pelaksanaan pengabdian berlangsung selama satu bulan. Sehingga, dalam waktu sebulan tersebut kita berharap ada perubahan pola perilaku masyarakat dalam menyikapi COVID-19," jelasnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024