Makassar (ANTARA) - Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) optimistis Kabupaten Sinjai bisa menjadi pusat pengembangan benih varietas jagung hibrida di Sulawesi Selatan (Sulsel) maupun di luar Sulsel.

Hal itu diungkapkan Bupat ASA saat kunjungan lapangan terkait hilirisasi dan Inovasi Jagung Hibrida, kerjasama Pemkab Sinjai dengan Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal) Maros naungan Kementerian Pertanian RI di Desa Kalobba, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Sulsel, Rabu (28/7/2021).

"Saya berharap petani dan penyuluh pertanian agar kerjasama dengan Balitsereal bisa kita manfaatkan betul, bukan cuma mengenai benihnya, tapi juga penerapan ilmunya dalam pengembangan produksi," harap Bupati ASA.

Penangkaran benih jagung hibrida di Desa Kalobba ini juga diharapkan menjadi percontohan bagi desa lain yang ada di Sinjai, sehingga petani di Sinjai sejahtera.

"Benih yang ditanam di Sinjai, alhamdulillah cukup berhasil. Insya Allah Kabupaten Sinjai akan menjadi sentra benih jagung," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Balitsereal Maros Dr Mohammad Azrai mengungkapkan untuk lahan satu hektare, benih varietas jagung hibrida yang ditanam di Sinjai mampu menghasilkan 4.000 Kilogram (Kg) atau 4 ton calon benih termasuk kualitasnya.

Keberhasilan penangkaran ini tidak lain berkat upaya sentuhan teknologi yang dilakukan Balitsereal menindaklanjuti kerjasama yang dilakukan dengan Pemkab Sinjai.

"Alhamdulillah dengan sentuhan sedikit teknologi seperti jarak tanam dan cara memupuknya bisa meningkat 2x lipat dibandingkan dengan cara-cara petani yang biasa dilakukan," ungkapnya.

Azrai menambahkan, kelebihan dari pengembangan varietas jagung hibrida ini karena pasar untuk calon benih jagung sudah siap, sebab sudah ada mitra yang memberikan jaminan pasar dari hasil produksi calon benih petani.

"Jadi petani tidak lagi mencari di mana akan di pasarkan, tapi sudah ada mitra kami yang siap untuk memproses menjadi benih," jelasnya.

Dalam kunjungan lapangannya Bupati ASA didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sinjai Kamaruddin, Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Tamzil Binawan serta Kadis Satpol PP dan Damkar Sinjai Agung Budi Prayogo. (*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024