Makassar (ANTARA) - Duta Besar Ceko untuk Indonesia Jaroslav Doleek mengungkapkan peluang kerja sama bidang pertanian dan pertambangan dengan Pemerintah Provinsi Sulawes Selatan saat berkunjung ke daerah itu.

Ia mengaku tertarik dengan potensi alam yang dimiliki Sulawesi Selatan yang dapat dikerjasamakan.

Jaroslav dalam pertemuan dengan Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel di Makassar, Senin, mengakui pihaknya tidak hanya tertarik dengan potensi pertanian namun juga sektor pertambangan khususnya nikel .

Ketertarikannya ke Sulawesi Selatan juga karena daerah ini merupakan hub dari Kawasan Indonesia Timur yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik di bawah kepemimpinan Plt Gubernur Sulsel sekarang ini.

"Kami tahu Sulsel ini hub dari Indonesia bagian timur. Kami juga melihat pertumbuhan ekonomi Sulsel juga cukup meningkat secara signifikan," katanya.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman menjelaskan kedatangan Jaroslav yang didampingi istri dan Konsulat kehormatan Republik Ceko Subhan Alwi Hamu, yakni untuk membicarakan kemungkinan kerja sama Pemprov Sulsel dengan Pemerintah Republik Ceko.

Bahkan, kata Plt Gubernur, Dubes Republik Ceko mengaku akan mengirim tim terlebih dahulu untuk melihat beberapa potensi yang dapat dikerjasamakan di Sulawesi Selatan.

"Jadi mereka mau melihat potensi termasuk disektor pertambangan. Mereka juga mau melihat sistem hydroplan atau pembangkit listrik tenaga air, dan melihat potensi lainnya, termasuk kereta api juga mereka mau lihat," katanya.

Selain pertambangan dan pembangkit listrik, Plt Gubernur juga mengaku ada beberapa sektor lainnya yang menjadi tawaran Pemprov Sulsel untuk dikerjasamakan, diantaranya di sektor pertanian dan pariwisata.

"Saya tadi tawarkan terkait tindak lanjut pangan, padi, pertanian lainnya juga kalau ada potensi ekspor impor kedua negara," ujarnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024