Makassar (ANTARA) - Kegiatan tahunan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) masuk dalam "Top Ten Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022"  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Direktur Utama PT Festival 8 Indonesia, Wawan di Makassar, Rabu, mengatakan terpilihnya F8 Makassar ini tidak terlepas dari kerja sama yang begitu apik dengan Pemerintah Kota Makassar khususnya Dinas Pariwisata Kota Makassar.

"Kegiatan tahunan yang telah kita gelar sejak tahun 2017 ini akhirnya menjadi top ten KEN 2022, dan ini adalah prestasi besar karena kita tahu ada ratusan kegiatan pariwisata lainnya di Indonesia tetapi tidak masuk dalam top ten," ujarnya.

Kegiatan yang sudah vakum atau tidak terselenggara selama dua tahun sejak 2020 dan 2021 karena adanya pandemi COVID-19 ini banyak dinantikan oleh masyarakat luas, bahkan tamu dari mancanegara.

Ia menyebut, dukungan penuh Pemerintah Kota Makassar mampu menjadikan kegiatan yang menggabungkan pagelaran seni, budaya dan ekonomi kreatif menjadi kegiatan prestisius di Indonesia.

"Dukungan penuh dari pak Wali Kota Makassar melalui dinas pariwisata ini mampu menghantarkan F8 masuk ke Top 10 KEN. Walaupun kita masih menawarkan konsep untuk pelaksanaan tahun ini," katanya.

Kriteria penilaian tim kurator antara lain aspek kreativitas berbasis teknologi digital dan inovasi, aspek kolaborasi berbasis potensi lokal (local wisdom) dan pemberdayaan masyarakat (empowering), serta aspek ketiga adalah adaptasi yang berbasis protokol CHS.

"Ada bidang media dan komunikasi serta manajemen kegiatan. Jadi dari 319 kegiatan kita lolos masuk 10 besar. Ini penilaian sudah berjalan dari bulan Januari," terangnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meluncurkan program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 sebagai upaya membangkitkan geliat kegiatan di daerah.

Selain itu, KEN 2022 bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

"KEN 2022 adalah wadah kumpulan kegiatan berkualitas dari seluruh Indonesia. Kami bangga sekarang kita menancapkan tongkat penting serta harapan baru bagi kebangkitan industri wisata di Tanah Air, sekaligus juga mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi kegiatan wisata," katanya.

Program ini diawali dengan proses kurasi guna menyaring kegiatan yang berkualitas, sehingga bentuk dukungan yang diberikan kepada penyelenggara kegiatan dapat lebih jelas dan terukur.

Terdapat lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022, pertama ialah aspek ide dan potensi inovasi, kedua yaitu pengembangan ekonomi kreatif, lalu pengelola acara, kemudian seni pertunjukan dan budaya, serta aspek strategi komunikasi dan media.

Pada 2022, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menerima 319 usulan kegiatan dari 34 provinsi yang akan dikurasi pada tahap I dan tahap II.

"Jumlah ini meningkat 17 kegiatan dibandingkan tahun 2021 sebanyak 302 usulan kegiatan," kata Sandiaga Salahuddin Uno.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024