Makassar (ANTARA) - Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengingatkan seluruh warga khususnya yang berada di area pegunungan atau lereng untuk lebih waspadai potensi longsor akibat cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah itu belakangan ini.

Bencana tanah longsor terjadi di Jalan Poros Sinjai – Malino, tepatnya di Lingkungan Lurayya, Kelurahan Tassililu Kecamatan Sinjai Barat pada Minggu pagi, (8/5/2022), akibat curah hujan dengan intensitas tinggi sejak Sabtu.

"Kejadian longsor memang hampir setiap tahun terjadi khususnya di Sinjai Barat. Bapak Bupati sudah mengingatkan agar masyarakat lebih berhati-hati saat cuaca ekstrem," kata Kepala BPBD Sinjai Budiaman saat dikonfirmasi dari Makassar, Senin.

Baca juga: Masyarakat diarahkan pilih jalur alternatif setelah terjadi longsor Sinjai-Malino

Baca juga: BPBD: Akses poros Sinjai-Malino sudah bisa dilewati

Ia menjelaskan, Bupati Sinjai juga telah meminta warga untuk selalu memantau perkembangan cuaca di wilayahnya sehingga jika ada kemungkinan buruk yang terjadi, agar sedini mungkin melakukan pencegahan.

Bupati ASA berharap, warga tetap mengedepankan aspek pencegahan dalam menghadapi ancaman bencana yang berakibat pada keselamatan jiwa manusia.

Kepada jajaran pemerintah Kecamatan, Desa dan Lurah, Bupati ASA juga meminta untuk memantau dan siaga terhadap kemungkinan bencana, dan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

Sementara terkait kondisi terkini jalan Poros Sinjai-Malino yang sehari sebelumnya tertutup material longsoran, Budiaman mengaku sudah bisa diakses kembali kendaraan roda dua dan empat.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024