Makassar (ANTARA) - Bupati Maros, Sulawesi Selatan, AS Chaidir Syam menyatakan pihaknya mengerahkan sekitar 200 petugas keamanan pada ajang "Bantimurung Keren", yang juga menampilkan grup musik Kotak pada 5 Juni 2022.

"Rangkaian kegiatan 'Bantimurung Keren' yang berlangsung sejak kemarin hingga besok (5/6) itu memicu antusiasme pengunjung sehingga perlu pengamanan," kata Chaidir saat dikonfirmasi terkait pengamanan di lokasi objek wisata alam Bantimurung, Kabupaten Maros, Sabtu.

Dia mengatakan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, maka pihaknya melibatkan pengamanan sekitar 200 personel dari Polda Sulsel, Polres Maros, Kodim 1422, dan Satpol PP.

Menurut dia, antusiasme penonton yang luar biasa untuk menyaksikan penampilan band lokal dan ibu kota patut diapresiasi sehingga disiapkan pengamanan agar kegiatan tersebut berjalan lancar.

"Pentas musik ini akan diawali dengan penampilan Band Souljah, Ipang, dan band lokal. Untuk puncaknya (5 Juni) menampilkan Band Kotak dan Netral dari Ibu Kota Jakarta," kata Chaidir.

Rangkaian kegiatan pada 3-5 Juni 2022, mulai dari pameran UMKM dan peluncuran platform aplikasi berbasis digital, kemudian ditutup dengan pentas musik, dengan menyedot sedikitnya 2.000 pengujung per hari.

Dengan tingkat kunjungan yang beberapa kali lipat dari kondisi normal itu, diyakini akan menggairahkan kembali industri pariwisata di "Butta Salewangang" ini.

Apalagi di Bantimurung terdapat fasilitas hotel untuk penginapan dan juga dukungan wahana waterpark dan wisata alam air terjun, serta penangkaran kupu-kupu endemik.

Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Maros, Muh Ferdiansyah mengatakan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Maros, khususnya dari sektor pariwisata.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024