Mamuju (ANTARA) - Program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) dari Kementerian Pekerjaan Umum akan disalurkan untuk merehabilitasi 63 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Mamuju Tengah, Askary, di Mamuju, Senin, mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi BSRS yang dilaksanakan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Mamuju Tengah.

Ia mengatakan, 63 unit rumah tidak layak huni yang tersentuh program BSRS terdapat di Desa Babana, Desa dan Desa Lumu Kecamatan Buding Buding Desa Lara Kecamatan Korossa dan Desa Waepute Kecamatan Topoyo.

Dinas Perkim Kabupaten Mamuju mencatat, sejak 2021 program BSRS telah merehabilitasi 3.342 unit rumah tidak layak huni untuk dilakukan perbaikan. Sementara jumlah rumah tidak layak huni di Mamuju Tengah masih terdapat sekitar 13.852 unit.

Ia menjelaskan, Program BSPS merupakan stimulan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rumah rendah yang rumahnya tidak layak huni.

Dengan dana BSPS senilai Rp 20 juta tersebut mereka diharapkan berswadaya membangun rumahnya agar menjadi lebih layak huni.

Dana tersebut digunakan untuk membeli bahan bangunan Rp 17,5 juta dan sisanya Rp 2,5 juta untuk upah tukang.

Sekda Mamuju Tengah mengharapkan dengan program bantuan pemerintah pusat tersebut dapat menekan angka kemiksinan di Mamuju Tengah dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar memiliki rumah layak huni

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024