Makassar (ANTARA) - Pengajar Universitas Bosowa (Unibos) Makassar mendampingi masyarakat kembangkan pantai wisata berbasis edukasi, di Desa Wiring Tasi Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Pendampingan pengembangan pantai wisata berbasis edukasi merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh sejumlah Dosen Unibos Makassar seperti Dr Chahyono, SE, M. Si, Drs. Natsir Tompo, M. Si. dan Dr. Ir. Murshal Manaf, ST. MT.

Dosen Unibos Dr Chahyono di Makassar, Selasa, mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk mengoptimalkan potensi kekayaan alam yang ada menjadi daerah wisata pantai, sekaligus meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Tentu langkah ini akan mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia," ujar dia.

Beberapa yang terlibat dalam kegiatan ini termasuk Pengelola Pantai Wisata Lowita Beach Black Orange, Karang Taruna, masyarakat setempat, dan pemerintah.

Sejumlah kegiatan yang digelar yaitu pelatihan tata kelola destinasi pariwisata, pelatihan pemandu wisata, pelatihan kuliner, pelatihan usaha sablon, dan pelatihan kerajinan.

Melalui kegiatan ini, Dr Chahyono bersama tim berharap dapat memberikan berbagai manfaat untuk masyarakat.

"Semoga masyarakat mulai sadar tentang potensi yang dimilikinya, pantai wisata sebagai lahan yang bagus untuk merintis usaha, pendapatan masyarakat meningkat karena masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas pariwisata untuk menambah pendapatan, kesempatan kerja bertambah di sektor pariwisata, dan kualitas hidup masyarakat menjadi semakin bermanfaat," kata Cahyono.

Plt Kepala Kepala Desa Wiring Tasi Akrab B mengapresiasi sumbangsih Dosen Unibos Makassar dalam melakukan pemberdayaan dan mendorong ekonomi warga sekitar.

“Saya selaku Plt Desa Wiring Tasi sangat bersyukur dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan di Desa Wiring Tasi, khususnya bagi Karang Taruna karena akan menjadi acuan kedepannya khususnya bagi pemuda pemudi yang ada di Desa Wiring Tasi dalam hal mendapat penghasilan sendiri," ujarnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024