Makassar (ANTARA) - Panitia penyelenggara optimistis menargetkan sebanyak 2.000 peserta mengikuti Geopark Half Marathon Maros-Pangkep, Sulsel yang dijadwalkan terlaksana pada 25 Juni 2023.

Ketua Panitia Geopark Half Marathon 2023 Alfi Syahria di Makassar, Senin, mengatakan target kali ini jauh lebih besar dibandingkan pelaksanaan 2022 yang diikuti 300 peserta.

Pihaknya optimistis menarik banyak peserta karena Geopark Maros Pangkep sesuai rencana ditetapkan secara resmi sebagai Geopark Global yang dilaksanakan melalui Sidang UNESCO di Paris, Perancis, pada Maret mendatang.

"Kita berharap status sebagai Geopark Global dapat menarik peserta tidak hanya dari Sulawesi Selatan namun juga dari seluruh Indonesia termasuk luar negeri," ujarnya.

Saat pelaksanaan Geopark Half Marathon 2022, para pelari dari luar Sulsel berpartisipasi seperti dari Kendari, Kolaka, Balikpapan, Bandung, Surabaya, Jakarta dan beberapa daerah lainnya.

Ia menjelaskan, Geopark Half Marathon 2023 tidak hanya sebagai ajang lomba lari namun juga menawarkan berbagai keindahan Geopark Maros Pangkep, Sulsel seperti lokasi Wisata Air terjun Bantimurung, Taman Wisata Prasejarah Leang-leang, Wisata Karst Rammang-rammang, dan beberapa geosite Maros-Pangkep.

"Kita optimistis bisa lebih banyak peserta. Apalagi kita tawarkan konsep sport-tourism," ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Atletik Sulsel Abd Kadir mengatakan pihaknya selalu mendorong seluruh atlet di daerah itu untuk ambil bagian dalam berbagai ajang lari sebagai uji coba.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024