Makassar (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Makassar melakukan percepatan open defecation free (ODF) atau tidak buang air sembarangan, sekaligus untuk mendukung kualitas sanitasi.

"Untuk meningkatkan kualitas sanitasi di Kota Makassar, Dinas Kesehatan bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar melakukan percepatan ODF,"kata Sekretaris Daerah Kota Makassar M Ansar di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, langkah tersebut sebagai salah satu bagian dari program pembangunan di bidang kesehatan.

Apalagi di Makassar berdasarkan data dari Dinas Kesehatan diketahui, masih ada 21 Kelurahan di Kota Makassar yang masih melakukan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau belum ODF.

Karena itu, lanjut Ansar, kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat serta meningkatkan standar sanitasi di Kota Makassar.

Hal itu juga adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan percepatan ODF di Sulsel dengan melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan bersama Unicef.

Sementara itu, Kepala UPT BLUD PAL DInas PU Makassar, Hamka Darwis mengatakan, kerja sama dengan Dinas Kesehatan Makassar itu dalam bentuk dukungan infrastruktur atau pengerjaan fisik.

"Salah satu upaya itu dengan membangun jamban atau wc di lokasi yang direkomendasikan," katanya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024