Makassar (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kemenkumham) menghadirkan Kemenkumham Legal Expo 2023 untuk memeriahkan kegiatan Sulsel Anti Mager (malas bergerak).

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak di Makassar, Ahad, mengatakan, stan Kemenkumham Legal Expo 2024 itu membuka berbagai layanan konsultasi bagi masyarakat.

"Ini salah satu upaya kami mendekatkan program-program layanan Kemenkumham kepada masyarakat dengan menghadirkan stan Kemenkumham Legal Expo," ujarnya.

Adapun layanan yang dihadirkan yakni layanan keimigrasian, layanan pemasyarakatan, layanan kekayaan intelektual, dan layanan administrasi hukum umum.

Beberapa warga yang menghadiri kegiatan Sulsel Anti Mager itu pun ramai mendatangi stan Kemenkumham untuk berkonsultasi berbagai layanan dan terbanyak ditanyakan mengenai layanan keimigrasian atau paspor serta kekayaan intelektual.

"Masyarakat banyak mendatangi booth dan menanyakan berbagai layanan dari Kemenkumham dan terbanyak itu layanan imigrasi dan layanan kekayaan intelektual," katanya.

Selain itu, produk-produk karya warga binaan pemasyarakatan (WBP) se-Sulawesi Selatan yang dijual di stan itu juga dihadirkan.

Diantaranya adalah songkok (peci) anyam buatan Lapas Takalar, Bosara, roti lapis, tas rajut anyaman yang semuanya buatan Lapas Perempuan Sungguminasa. Kemudian sofa stule, sofa bed, tudung saji buatan Lapas Narkotika Sungguminasa.

Kerajinan tangan bunga plastik, vas bunga rotan buatan, cermin rotan buatan Lapas Makassar, console (Rak Gantung) buatan Lapas Narkotika Sungguminasa, dan sistem eco brick buatan Lapas Narkotika Sungguminasa.

Liberti menyampaikan pembukaan booth Kemenkumham Legal Expo 2023 yang mengangkat tema "Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju" bertujuan mengenalkan layanan Kemenkumham di tengah-tengah masyarakat bertepatan dengan rangkaian kegiatan Hari Kemenkumham ke-78.

"Lebih dekat dengan Kemenkumham. Dimana kami hadir langsung di tengah-tengah masyarakat melalui kegiatan yang kebermanfaatannya langsung dirasakan oleh masyarakat Sulawesi Selatan." terang Liberti.

Sebelumnya, Liberti bersama para pimpinan tinggi pratama mengikuti kegiatan gerak jalan yang secara resmi dibuka oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto didampingi oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman bertempat di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Jalan Jenderal Sudirman.

Baca juga: Amran Sulaiman diberi sinyal bantu Prabowo di Pilpres 2024

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024