Makassar (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan menampilkan keunggulan daerah tersebut yang salah satunya adalah "Lipa Sabbe" atau sarung tenun khas di event Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan 2023.

Bupati Sidrap Dollah Mando didampingi Ketua Dekranasda Sidrap Hj. Suhara Dollah melalui keterangannya diterima di Makassar, Kamis mengatakan event Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan 2023 menjadi salah satu ajang menampilkan beberapa potensi daerah yang salah satunya adalah sarung tenun.

"Lipa Sabbe (sarung tenun) kita punya ciri tersendiri dan berbeda dengan Lipa Sabbe dari daerah lainnya di Sulsel. Yang pasti kita semua punya pasarnya masing-masing dan kami harap pasar Lipa Sabbe ini terus berkembang," ujarnya.

Dollah Mando sendiri mengapresiasi kehadiran Dekranasda Sidrap dan dukungan Dinas Perdagangan (Disdag) yang memboyong beberapa pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) ke Kabupaten Wajo mengikuti Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan 2023.

Selain dari sarung tenun, produk-produk lainnya yang ditampilkan di antaranya kerajinan tangan berupa tas, anyaman keranjang, batu cobek dan aksesoris-aksesoris, serta beberapa olahan kue.

Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan 2023 sendiri berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Callaccu Sengkang, Kabupaten Wajo, 8 hingga 11 Agustus 2023.

"Karena ini merupakan ajang promosi produk-produk UMKM khususnya yang ada di Kabupaten Sidrap dan keterbatasan tenant, jadi kami memboyong sebagian saja," tutur Dollah.

Sementara Suhara Dollah mengatakan, Kabupaten Sidrap memiliki banyak produk-produk kerajinan dengan kualitas yang unggul.

"Produk-produk nantinya akan dipamerkan lagi di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur di acara Rakerda Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan," ujar Suhara.

Kegiatan Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan bertemakan 'Mengembalikan Kejayaan Sutera di Sulawesi Selatan' diharapkan mampu mengembangkan pasar sutra Sulsel hingga ke mancanegara.


Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024