Makassar (ANTARA) - Sedikitnya 100 orang siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Makassar Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan karya wisata ke pelabuhan (Field Trip to Port) yang difasilitasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 bersama Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM), guna menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI,

"Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan melibatkan siswa dari  beberapa SD di Kota Makassar," kata Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan kegiatan ini memang sengaja digelar untuk memberikan edukasi kepada para siswa khususnya di sekolah dasar tentang dunia kepelabuhanan.

“Kami ingin anak-anak melihat secara langsung bagaimana Pelindo mengoperasikan sebuah pelabuhan. Juga agar anak-anak bisa mengetahui lebih banyak dan lebih jauh lagi tentang apa itu pelabuhan, apa saja yang ada di dalam pelabuhan, fasilitas dan kegiatannya, dan lain sebagainya,” kata Enriany.

Dia juga berharap agar kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan saat momentum 17 Agustus saja, namun bisa dilakukan secara periodik sehingga lebih banyak lagi anak-anak dari berbagai sekolah yang mengetahui tentang kepelabuhanan.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan pelabuhan, menumbuhkan kecintaan dan dan kebanggaan anak-anak kita terhadap pelabuhan.

Dia mengatakan sebagai bagian dari dunia maritim, pelabuhan merupakan salah satu mata rantai yang sangat penting. Pelabuhan bukan sekadar tempat dilakukannya bongkar muat barang maupun naik turun penumpang kapal, namun juga memiliki peran penting dalam perekonomian suatu daerah dan negara. 

Hal inilah yang berusaha ditanamkan dalam pikiran para anak-anak kita tercinta, yang menjadi peserta dalam field trip pelabuhan.

Adapun siswa SD yang mengikuti field trip berasal dari SDN Tallo Tua 69, SDN Cambaya, SD Inpres Kaluku Bodoa, SD Inpres Galangan Kapal 1, SD Inpres Galangan Kapal 2, SD Inpres Galangan Kapal 3, SD Inpres Galangan Kapal 4, SD Telkom Makassar, dan SD Negeri Percontohan PAM.

Lokasi yang dikunjungi diantaranya TPK New Makassar Terminal 1 atau yang sebelumnya dikenal dengan Terminal Petikemas Makassar (TPM), Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar, dan TPK New Makassar Terminal 2 atau Makassar New Port (MNP). 

Eminarti, guru pendamping dari Sekolah Dasar Inpres (SDI) Galangan Kapal 1 menuturkan, kegiatan Field Trip to Port ini telah memberikan warna tersendiri khususnya bagi dirinya sebagai pengajar dan untuk proses belajar mengajar siswa di sekolahnya.    
“Dengan kegiatan ini, terutama siswa di tempat saya mengajar jadi lebih mengetahui tentang pelabuhan. Karena selama ini, saya sendiri pun hanya mengetahui kalau pelabuhan adalah tempat naik dan turun penumpang dari kapal,” tuturnya.
  Suasana kegiatan field trip ratusan siswa SD di Makassar yang berkunjung ke Pelabuhan Makassar sebagai bahlgian menyemarakkan HUT ke-78 RI. Antara/ HO-Pelindo Regional 4

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024