Makassar (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan Saiful Arif menemui pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Sulsel untuk meminta dukungan dalam pelaksanaan Festival Taka Bonerate dan Dive Camp 2023.

"Kami berada jauh di kepulauan dan kami sengaja mendatangi semua pemangku kepentingan di Sulsel untuk membantu kami dalam mendukung Festival Taka Bonerate yang akan dilaksanakan 26-30 Oktober 2023 nanti," ujarnya di Makassar, Selasa.

Saiful Arif didampingi Kadis Pariwisata Muh Arsyad dan Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate Ahmad Yani menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan yang telah dimulai sejak 2008.

Dia menyatakan Festival Taka Bonerate dan Dive Camp menjadi kesempatan luar biasa untuk memperkenalkan pesona keindahan alam bawah laut Taman Nasional Takabonerate kepada dunia. 

"Kita perlu bekerja sama secara sinergis dalam memastikan kegiatan ini berjalan sukses dan berkesan," katanya.

Saiful Arif dan rombongan diterima Deputi Kepala Perwakilan BI Firdauz Muttaqin, Deputi Direktur Febrina dan Sakti Arif W, serta Manajer Bidang Investasi Deded Tuwanda Prima 

Kadis Pariwisata Kepulauan Selayar Muh Arsyad mengatakan, Festival Taka Bonerate, telah dilaksanakan sejak 2008, dan kali ini akan dilaksanakan pada pekan terakhir Oktober 2023 di Selayar daratan dan beberapa pulau di Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate.

"Sengaja dipilih tanggal ini karena berdasarkan siklus cuaca dan pengalaman, pada waktu tersebut adalah musim yang sangat teduh dan aman untuk berkeliling pulau," ujarnya.

Arsyad menuturkan Event bertema Selayar: Pesona Bahari, Kemilau Budaya bertujuan memperkenalkan daya tarik destinasi pariwisata Sulsel di Selayar dengan mendukung pengembangan pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, mendorong investasi dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Adapun berbagai kegiatan dan atraksi yang telah dipersiapkan, antara lain; Wonderful Selayar, Grand Opening Festival Taka Bonerate, Eksplorasi Taka Bonerate Island, Sail and Sale Selayar. 

Khusus di Pulau Jinato, akan dilaksanakan lomba perahu indah, Jolloro race, lomba mancing, festival bakar ikan, pentas musik dan tari, pemilihan da'i cilik karang, pemilihan duta karang, lomba foto Taka Bonerate, pameran UMKM, lomba menggambar dan mewarnai, lomba adzan,  dan bakti lingkungan berupa aksi bersih pantai.

Sementara, di Pulau Tinabo dan sekitarnya akan dilaksanakan kegiatan diving, land tour, adopsi penyu dan pohon, transplantasi karang, atraksi baby shark, snorkeling, menikmati panorama alam bahari, dan camping.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024