Mamuju (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat mengoptimalkan pembinaan atlet dalam menghadapi kejuaraan tingkat nasional, termasuk persiapan atlet yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara tahun 2024.

"Ke depan dibutuhkan pembinaan secara maksimal kepada atlet-atlet muda menuju kejuaraan di tingkat nasional lainnya," kata Kepala Dispora Sulbar Safaruddin Sanusi, di Mamuju, Selasa.

Termasuk, kata Safaruddin Sanusi, memaksimalkan persiapan atlet Sulbar yang akan berlaga pada ajang PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

"Kita juga sudah memaksimalkan para atlet menuju PON di Aceh dan Sumatera Utara 2024," katanya.

Terkait hasil yang diraih atlet Sulbar di ajang Popnas XVI 2023 di Palembang Sumatera Selatan, Safaruddin Sanusi mengaku bangga atas perjuangan para atlet Sulbar tersebut.

Pada ajang Popnas XVI 2023 di Palembang Sumatera Selatan, kontingen Sulbar meraih tiga medali, yakni satu medali emas dan dua medali perak.

Medali emas diraih oleh Ainul Yakin, atlet jalan cepat Sulbar, sementara dua medali perak diraih oleh Muhammad Yahya Usman, atlet balap sepeda putra dan tim takraw putri Sulbar.

Provinsi Sulbar berada di posisi ke 23 dari 34 provinsi yang Popnas XVI Palembang.

"Perolehan tiga medali oleh atlet Sulbar tersebut adalah prestasi yang sudah luar biasa. Tidak mudah mencapai posisi ini. Kita hanya mengirim sedikit atlet tapi kita sudah mampu bersaing dan bisa mengalahkan 10 provinsi lain," jelas Safaruddin Sanusi.

Tiga medali yang diraih Sulbar kata Kadispora, merupakan kado peringatan HUT ke-19 Provinsi Sulbar.

"Insya Allah, peraih medali ini akan mendapatkan apresiasi dari Penjabat Gubernur Sulbar yang akan diserahkan pada momentum HUT ke-19 Provinsi Sulbar, pada 22 September 2023," ujar Safaruddin Sanusi.

Pada kesempatan itu, Kadispora menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas kelancaran dan suksesnya kontingen Sulbar di Popnas XVI Palembang 2023.

"Terima kasih atas dukung pak Penjabat Gubernur, Sekda dan DPRD Sulbar. Kemudian kepada para atlet, pelatih, orang tua atlet, pendamping dan official serta seluruh warga Sulbar atas doanya," ujar Safaruddin Sanusi.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024