Makassar (ANTARA) - PT Industri Kapal Indonesia (IKI) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pembuatan dan perbaikan kapal menjalin kerja sama dengan PT Perusahaan Bongkar Muat (PBM) Sarana Banda Nasional untuk pemanfaatan lahan.

"Dengan kerja sama ini, tentunya IKI bisa memanfaatkan lahan secara clean & clear untuk diversifikasi usaha, sehingga lahan IKI tidak lagi tidur," kata Direktur Utama PT IKI Diana Rosa dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Makassar, Minggu.

Rosa mengatakan jalinan kerja sama itu telah diawali dengan penandatanganan perjanjian sewa menyewa lahan yang dilakukan di kantor Unit Galangan PT IKI di Bitung, pada Jumat (13/10).

Perjanjian itu ditandatangani Dirut PT IKI Diana Rosa dan Direktur Utama PT PBM Sarana Banda Nasional Edward Tobing.

PT IKI memiliki galangan di Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, dan di Bitung Provinsi Sulawesi Utara, untuk mendukung kegiatan bisnisnya.

"Rencananya, lahan milik PT IKI yang terletak di Unit Galangan Bitung akan dikelola PTPBM Sarana Banda Nasional sebagai depo container," ujar Rosa.

  Penandatanganan perjanjian sewa menyewa lahan yang dilakukan di kantor Unit Galangan PT IKI di Bitung, pada Jumat (13/10). (ANTARA/HO/PT IKI)

Rosa juga mengatakan kerja sama tersebut juga diharapkan dapat menjadi sarana transfer pengetahuan (knowledge) sehingga turut meningkatkan kompetensi Insan IKI.

Menurut dia, kerja sama tersebut akan meningkatkan kapasitas bisnis IKI.

"Hal lain yang akan dikerjasamakan yaitu secara bertahap akan memaksimalkan kemampuan Insan IKI sesuai keahlian yaitu perbaikan kontener milik PT.SBN dan rekanannya, sehingga
bisa meningkatkan kapasitas bisnis PTIKI," ujarnya.

Penandatanganan MoU tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat masing-masing pihak, seperti Sekretaris Perusahaan PT IKI Zulkaedi Rahim, Kepala Unit Galangan Bitung Abdul Razak Doma. Sedangkan dari PTPBM SBN, turut hadir pimpinan anak perusahaan diantaranya Direktur Utama PT Sarana Bandar Logitsik, Muhammad Imran, Direktur Utama PT Sarana Bandar Indotrading, Wasman RM, dan Kepala Cabang PT.PBM SBN Cabang Bitung, Sulaiman
  Pejabat PT IKI dan PT PBM Sarana Banda Nasional foto bersama usai penandatanganan kontrak sewa menyewa tanah dan lahan di Kantor Unit Galangan Bitung PT IKI, pada Jumat (13/10/2023). ANTARA/HO-PT IKI

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024