Makassar (ANTARA) - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulawesi Selatan mengandalkan atlet peraih perak Asian Games, Alivany Ver Khadijah, untuk menghadapi Pra-Pekan Olahraga Nasional (PON) di Semarang, Jawa Tengah, 23-31 Oktober 2023.

Sekretaris Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulawesi Selatan Ahmad Lubis di Makassar, Selasa, mengatakan kehadiran Alivany yang baru saja memperkuat Indonesia di ajang Asian Games 2023 di China itu diharapkan mampu meningkatkan motivasi atlet lain untuk berjuang lebih keras sekaligus meraih tiket PON XXI 2024.

"Alivany Ver Khadijah langsung bergabung bersama kita di Semarang dari lokasi pelatnas Jakarta (tidak kembali ke Sulsel)," ujarnya.

Ia menjelaskan, Alivany dipersiapkan untuk turun di kategori yang menjadi spesialisasinya yakni nomor speed. Pihaknya optimistis bisa meraih hasil maksimal di ajang babak kualifikasi PON 2024.

Tim panjat tebing Sulsel, kata dia, akan fokus bersaing di 16 nomor pertandingan di kategori speed, boulder dan lead.

"Kita tetap siapkan atlet sesuai kuota putra putri untuk dimainkan di 16 nomor pertandingan. Ada beberapa atlet yang kita siapkan turun di beberapa nomor lead dan boulder," jelasnya.

Saat ini, kata dia, puluhan atlet panjat tebing Sulawesi Selatan terus fokus menjalani pemusatan latihan (TC). Pelaksanaan pelatihan terpadu yang dipusatkan di Makassar itu diharapkan semakin meningkatkan kemampuan atlet sekaligus menjaga peluang lolos ke PON 2024.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024