Mamuju (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat mengoptimalkan pembinaan atlet pada sejumlah cabang olahraga andalan agar kelak dapat meraih prestasi gemilang.

"Kita akan lebih fokus pada cabang olahraga unggulan untuk diberikan perhatian secara maksimal," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulbar Safaruddin, saat melakukan pertemuan dengan atlet dayung Sulbar Ramlah Baharuddin, di Mamuju, Selasa.

Ia menyebut cabang olahraga yang menjadi andalan Sulbar dan memiliki potensi besar di antaranya dayung dan sepak takraw.

"Tapi kita juga akan tetap memberikan perhatian untuk cabor lainnya," katanya.

Pemprov Sulbar juga tengah membuat program studi dan beasiswa untuk membantu generasi muda melanjutkan pendidikan, terutama bagi atlet yang berprestasi.

"Ini bentuk perhatian sekaligus penghargaan pemerintah kepada atlet berprestasi," kata Safaruddin.

Terkait pertemuannya dengan Ramlah Baharuddin, Kadispora menyebutkan bahwa rencananya atlet dayung Sulbar itu akan beraudiensi dengan Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh.

"Kebetulan, Penjabat Gubernur ada kegiatan dinas di luar kota sehingga nanti kita akan jadwalkan ulang," ujarnya.

Sementara itu, Ramlah Baharuddin menyampaikan bahwa selain bersilaturahmi, kunjungannya ke Dispora Sulbar juga sekaligus berbincang-bincang seputar kemajuan dan upaya pembinaan olahraga.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulbar dalam hal ini bapak Penjabat Gubernur Gubernur yang sudah memberikan apresiasi kepada saya atas prestasi dari beberapa kejuaraan yang saya ikuti sebelumnya," ucap Ramlah.

Ia berharap agar Pemprov Sulbar tetap memberikan dukungan optimal dalam rangka pembinaan para atlet di berbagai cabang olahraga.

"Saya berharap semoga ke depannya olahraga di Sulbar terus berkembang dan dapat melampaui daerah lain sebab, atlet dan potensi kita sebenarnya sangat bagus. Jadi, ke depannya yang harus perhatikan itu adalah atlet, fasilitas serta sarana dan prasarana olahraga kita," terang Ramlah.

Selain itu, Ramlah juga mendukung upaya pemprov dalam hal ini Dispora Sulbar yang berjuang dan mendorong pelaksanaan kejuaraan nasional (Kejurnas) cabang olahraga dayung dilaksanakan di Sulbar.

"Kadispora Sulbar punya perhatian yang sudah sangat luar biasa kepada kami para atlet dan generasi muda Sulbar. Karena itu, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih. Juga apresiasi saya atas upayanya untuk menjadikan tuan rumah Kejurnas Dayung," ujarnya.

Atlet dayung andalan Sulbar itu telah menorehkan sejumlah prestasi, baik kejuaraan nasional hingga internasional, diantaranya meraih satu perak pada Asean Games di Palembang pada 2018, dua emas dan dua perak di SEA Games Philipina pada 2019.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024