Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Pemilihan Umum Kota Makassar, Sulawesi Selatan, merilis 12 lokasi jalan protokol dan lokasi rapat umum kampanye akbar untuk tahapan Pemilu 2024 yang dimulai 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

"Kampanye pemilu dimulai besok Selasa, 28 November 2023 dan menggunakan metode pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga, kampanye di tempat umum, kampanye di media sosial, dan debat capres-cawapres," ujar Anggota KPU Makassar Endang Sari, Senin.

Untuk larangan pemasangan APK di 12 titik jalan protokol mulai dari Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Penghibur, Jalan Haji Bau, Jalan Somba Opu, Jalan Pasar Ikan, Jalan Ujung Pandang, Jalan Balaikota, Jalan Gunung Bawakaraeng, Jalan Dr Sam Ratulang, Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Andi Pangeran Pettarani.

Sedangkan lokasi yang yang dapat digunakan menjadi tempat Rapat Umum Kampanye Pemilu Tahun 2024 berada di tiga lokasi, masing-masing Lapangan Karebosi, Lapangan Hertasning (Emmy Saelan), dan Lapangan Kompleks Bumi Tamalanrea Permai atau BTP.

"Untuk kampanye dengan metode rapat umum, iklan media massa, cetak elektronik, dan daring baru akan dimulai tanggal 21 Januari 2024. Untuk kampanye media sosial maksimal 20 akun setiap peserta pemilu dan itu didaftarkan ke KPU," paparnya.

Mengenai aturan kampanye pertemuan terbatas dan tatap muka, kata dia, telah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023.

Secara terpisah, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan untuk masa kampanye di Makassar pihaknya sudah menentukan zona-zona yang bisa dipasangi alat peraga seperti baliho dan sejenisnya.

"Kami tentukan zona yang bisa dan tidak bisa (pemasangan APK). Kita memberi tempat yang bisa saja, yang lain tidak bisa supaya tertib. Ini sudah jelas sekali. Tetapi, tentu dengan izin KPU dan Bawaslu, kita sudah berkoordinasi khusus terkait zona-zona (pemasangan) baliho," paparnya.

Ia mengimbau para caleg tidak memaku pohon saat memasang APK, di tempat inventaris pemerintah, seperti tiang listrik.

"Semua berhak (pasang APK), jadi ini nanti jadi tidak kacau semua sehingga kita tentukan zonanya, manfaatkan baik zona itu, dan kita berharap ukurannya sama," ujarnya.

Berdasarkan penetapan KPU RI untuk peserta pemilu Partai Politik Tahun 2024 sebanyak 24 parpol, 18 parpol nasional dan enam parpol lokal Aceh. Calon Presiden dan Wakil Presiden ditetapkan tiga pasangan calon masing masing nomor urut satu Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD.


Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024