Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyerahkan satu unit bantuan armada Pemadam Kebakaran (Damkar) kepada Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra).

Kepala Bidang Linmas dan Damkar Provinsi Sulawesi Selatan, Fahlevi dalam keterangannya di Makassar, Sabtu, menyampaikan, penyerahan armada damkar ke kabupaten dan kota, khususnya ke Luwu Utara, agar lebih bisa meningkatkan kesiapsiagaan, termasuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Pemprov Sulsel bukan hanya akan memberikan armada, tetapi peningkatan SDM dalam penanganan kebakaran, khususnya kebakaran lahan," ujarnya.

Ia menyebutkan, berdasarkan data yang ada, sepanjang tahun 2023 telah terjadi kebakaran hutan dan lahan sebanyak 2.196 kasus kebakaran di 24 kabupaten kota. Diantaranya di Kabupaten Luwu Utara, sebagai kabupaten terluas di Sulsel yang memiliki banyak hutan dan lahan sehingga perlu perlengkapan armada yang dapat digunakan saat dibutuhkan.

Kepala Satpol PP Luwu Utara Ednan Juni Rum, menyatakan rasa bersyukur menerima bantuan yang diterima langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

"Ucapan terima kasih kepada Bapak Pj Gubernur atas bantuan yang ada. Karena kami di Luwu Utara ini, armada kami kurang. Atas nama pimpinan, kami mengucapkan terima kasih," katanya.

Selain armada damkar, Pemprov Sulawesi Selatan memberikan bantuan peralatan UMKM kepada masyarakat Luwu Utara dan Luwu Timur.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, mengatakan, bantuan yang diberikan kepada pelaku UMKM merupakan bagian dari program bantuan UMKM kepada 24 kabupaten dan kota. Setiap kabupaten/kota mendapatkan bantuan untuk 18 UMKM.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024