Makassar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin menginstruksikan jajarannya agar segera melengkapi fasilitas rest area (tempat istirahat) untuk memberikan layanan maksimal bagi para pemudik pada Lebaran 2024.

Bahtiar Baharuddin di Makassar, Rabu, mengatakan bahwa di rest area perlu dilakukan pengaturan dengan baik agar tidak terjadi penumpukan, termasuk di toilet.

"Oleh karena itu, saya pastikan seluruh rest area diatur dengan baik," katanya.

Bahtiar mengatakan para pemudik saat ini lebih mengandalkan atau memanfaatkan SPBU dan masjid untuk beristirahat. Oleh karena itu, ia mengharapkan para pemudik dapat memanfaatkan rest area yang berada di jalur mudik untuk beristirahat.

Sementara itu, untuk angkutan laut, ia menekankan, harus memiliki pelampung yang mencukupi untuk dipakai oleh para penumpang.

"Pelampung itu digunakan dan dipakai, karena kita tahu iklim dan cuaca saat ini. Saya kira ini yang harus diperhatikan," ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel juga menggelar program mudik gratis untuk berbagai rute di daerah itu. Rute pertama yakni Makassar-Parepare-Sidrap-Siwa-Belopa-Palopo.

Rute kedua yakni Makassar-Jeneponto-Bantaeng-Bulukumba. Sedangkan rute lainnya adalah Makassar-Watampone dan Makassar-Sinjai.

Program Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel itu disambut antusias oleh warga. Pendaftaran mudik gratis Dishub Sulsel ini pun hanya dibuka sehari, dan sudah resmi ditutup pada Minggu (31/3), karena kuota sudah terpenuhi.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024