Makassar (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan memastikan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai dan puskesmas lainnya tetap berjalan seperti hari biasa meskipun sedang libur dan cuti Lebaran 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dr Emmy Kartahara Malik melalui keterangan diterima di Makassar, Selasa, mengatakan sektor pelayanan kesehatan di semua fasilitas kesehatan di daerah itu berjalan seperti hari biasa.

"Untuk fasilitas kesehatan itu tetap berjalan dan melayani pasien, meski sedang libur cuti Lebaran. Kita harap semua warga tetap sehat," ujarnya.

Ia menyebut 16 puskesmas di sembilan kecamatan dan rumah sakit pratama di Bulupaccing, Sinjai Selatan tetap buka dan memberikan pelayanan kepada pasien.

Dia menyatakan pelayanan tetap dibuka, tetapi khusus untuk poli klinik tutup selama cuti Lebaran pada 8-15 April 2024, sedangkan pelayanan IGD, rawat inap, dan persalinan tetap buka selama 24 jam.

"Untuk dokternya itu siap selalu. Ini untuk memberikan pelayanan kalau ada hal-hal yang yang membutuhkan penanganan serius dari dokter umum. Jadi mereka bersiaga dan siap dikontak juga,” katanya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai juga menyiagakan tenaga kesehatan yang tergabung di Pos Pengamanan Operasi Ketupat 2024 di tiga posko yang telah didirikan di daerah itu.

Direktur RSUD Sinjai dr Kahar Anies mengatakan pelayanan instalasi gawat darurat (IGD) tetap buka 24 jam selama libur Lebaran.

Demikian juga bagi para pasien kronis rawat jalan yang harus menjalani kontrol setiap saat dan penyambungan obat, katanya, juga tetap dilayani oleh pihak RSUD dengan dialihkan ke bagian IGD.

Ia mengatakan pelayanan pasien rawat jalan selama cuti Lebaran tutup mulai 8 April dan akan kembali dibuka pada 15 April mendatang.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024