Mamuju (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan Presiden Joko Widodo mendukung usulan Pemprov Sulbar sehubungan dengan rencana pembangunan infrastruktur di daerah itu.

"Salah satu usulan yang kami sampaikan saat kunjungan Presiden Joko Widodo di Sulbar, yakni pembangunan infrastruktur jalan. Beliau merespons positif dan mendukung usulan tersebut," kata Zudan Arif Fakrulloh, di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan selain pembangunan infrastruktur jalan, pihaknya juga menyampaikan usulan terkait peningkatan SDM kesehatan serta mendorong siswa masuk perguruan tinggi negeri dan perbaikan sarana sekolah.

Selain itu, usulan terkait pembangunan rumah sakit, pasar, penanganan inflasi serta penambahan akses penerbangan dan lampu di landasan pacu Bandara Tampa Padang Mamuju.

"Khusus untuk peningkatan SDM, diantaranya pemberian bimbingan belajar gratis kepada siswa-siswi yang mau masuk perguruan tinggi negeri dan dokter-dokter spesialis kita sekolahkan dengan beasiswa," terang Zudan Arif Fakrulloh.

Berkaitan dengan penanganan inflasi kata Penjabat Gubernur, Pemprov Sulbar juga mengusulkan dukungan untuk pasar murah dan subsidi. 

Termasuk dukungan infrastruktur melalui Inpres Jalan Daerah (IJD), penambahan pesawat untuk meningkatkan konektivitas wilayah serta memaksimalkan lampu pada landasan pacu di Bandara Tampa Padang Mamuju.

"Ini juga mendapat respon positif dari Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Selain itu, Pemprov Sulbar juga menawarkan APBD yang memuat pokok pokok pikiran DPRD tematik dalam menyelesaikan permasalahan daerah.   

"Kita tidak memberikan masalah baru tetapi memberikan pemikiran solusi alternatif untuk beliau dan para menteri agar pembangunan dan masalah di Sulbar cepat selesai," jelas Zudan Arif Fakrulloh.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di dua kabupaten di Provinsi Sulbar selama dua hari, yakni mulai 22-23 April 2024.

Pada kunjungan kerja di Sulbar tersebut, Presiden Joko Widodo melakukan peresmian 147 bangunan yang telah direhabilitasi dan direkonstruksi akibat gempa bumi berkekuatan 6, 2 magnitudo yang melanda wilayah Kabupaten Mamuju dan Majene pada 15 Januari 2021.

Kemudian, Presiden Joko Widodo juga mengunjungi RSUD Kondosapata dan pasar tumpah di Kabupaten Mamasa.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024