Makassar (ANTARA) -
Sejumlah Kepala Rumah Tahanan Negara di Provinsi Sulawesi Selatan yakni Kepala Rutan Kelas IIB Kabupaten Jeneponto dan Kepala Rutan Kelas I Kota Makassar menziarahi makam pahlawan sebagai rangkaian peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-60.

"Kegiatan ini adalah partisipasi kami menyemarakkan peringatan HBP. Kami juga berharap ziarah dan tabur bunga ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan semangat patriotisme dan pengabdian kepada bangsa dan negara," ujar Kepala Rutan Kelas I Makassar Jayadikusumah di Makassar, Jumat.
 
Selain mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa, seyogyanya jajaran Pemasyarakatan juga harus merenungkan betapa pentingnya nilai-nilai kebebasan, keadilan, dan pengabdian dalam konteks sistem pemasyarakatan.
 
Ia berharap para petugas dan warga binaan pemasyarakatan dapat merenungkan peran serta mereka dalam membangun masyarakat yang lebih baik.
 
"Semoga semangat pengorbanan dan keberanian para pahlawan bisa menginspirasi kita semua untuk terus berjuang, baik dalam memperbaiki diri sendiri maupun dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat," kata dia.
 
Terakhir, Jayadi mengajak jajarannya untuk menjadikan upacara tabur bunga ini sebagai momentum untuk memperkuat komitmen dalam menciptakan sistem pemasyarakatan yang lebih manusiawi dan rehabilitatif, mengupayakan pelayanan publik yang terbaik.

Dalam upacara yang dihelat dengan khidmat, Jayadikusumah bertindak sebagai Komandan Upacara, sedangkan Inspektur upacara dijabat oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel Yudi Suseno.
 
Selanjutnya, Yudi Suseno selaku Inspektur Upacara meletakkan karangan bunga di Tugu Makam Pahlawan. Karangan bunga itu bertuliskan “Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60” Kementerian Hukum dan HAM.
 
Usai upacara, bersama-sama dengan para pejabat dan petugas pemasyarakatan lainnya, mereka turut serta dalam prosesi tabur bunga di makam para pahlawan.
 
Makam yang menjadi tujuan tabur bunga antara lain adalah makam Andi Mappanyukki, A.P. Petta Rani, Andi Djemma, dan Emmy Saelan, tokoh-tokoh pahlawan yang dijadikan nama pada blok hunian warga binaan.
 
Sementara di Taman Makam Pahlawan Turatea Kabupaten Jeneponto, Kepala Rutan Jeneponto Renza Maisetyo bersama jajaran pejabat struktural juga melakukan ziarah makam dan upacara tabur bunga.
 
Kegiatan ini diawali dengan penghormatan kepada para arwah pahlawan yang dipimpin langsung oleh Renza Maisetyo serta mengheningkan cipta atas jasa para pahlawan yang gugur demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
 
"Kita berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial saja, namun benar benar dihayati mengamalkan nilai nilai nasionalis dari para pahlawan yang sudah gugur di kehidupan sehari hari," kata dia.

Kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga pada tugu makam pahlawan sebagai simbol penghargaan dan penghormatan ASN Kemenkumham di Lingkungan Sulawesi Selatan kepada pahlawan Bangsa Indonesia guna menanamkan nilai - nilai juang dan kerja keras bagi generasi penerus bangsa.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024