Makassar (ANTARA) - Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muslim Indonesia (Mapala UMI) kolaborasi FPTI Sulsel, menggelar kejuaraan panjat dinding bertajuk National Climbing Competition di Makassar, pada 1-4 Juli 2024.

Ketua panitia kejurnas sekaligus Sekretaris Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulsel Ahmad Lubis di Makassar, Minggu, mengatakan ajang ini menjadi momentum bagi atlet khususnya pemanjat Sulsel untuk membuktikan kualitasnya.

Kejuaraan ini sekaligus sebagai ajang pemanasan bagi para atlet se-Indonesia sebelum berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI.2024 di Sumatera Utara dan Aceh.

"Untuk pendaftarannya sudah kita buka hingga 28 Juni 2024. Kita targetkan bisa mendatangkan hingga 300 peserta dari seluruh wilayah di Indonesia," ujarnya.

Ia menjelaskan, agenda Mapala UMI ini mempertandingkan tiga kategori, antara lain Lead Umum yang sengaja dibuka untuk pemanjat dinding nasional.

Selanjutnya Lead Khusus untuk pelajar SMA se-regional Sulawesi dan Speed Klasik yang dibuka untuk atlet panjat dinding regional Sulawesi. Serta

"Kategori Lead tingkat nasional terbuka untuk seluruh atlet se-Indonesia dan status lombanya di rekomendasi sebagai open tournament yang diakui oleh PP FPTI.

"Seluruh atlet akan memperebutkan total hadiah sebanyak Rp70 juta. Kami berharap bisa menarik banyak peserta sehingga persaingan semakin ketat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Mapala UMI Richard M Nur menerangkan, kejuaraan ini sudah dua kali digelar yakni 2005 dan 2024 ini.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024