Maros (ANTARA) - Tempat wisata alam Bantimurung, Rammang-Rammang, dan Leang-Leang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, ramai dikunjungi wisatawan setiap libur cuti bersama.

"Kondisi ini selalu terjadi saat libur hari raya keagamaan, libur sekolah, ataupun cuti bersama," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maros Ferdiansyah di Maros, Selasa.

Menurut dia, di Kabupaten Maros terdapat sejumlah wisata alam yang menjadi destinasi pilihan bagi pengunjung seperti Taman Wisata Alam Bantimurung yang memiliki air terjun, kolam renang, kupu-kupu endemik, dan goa purbakala.

Selain itu terdapat geopark kawasan pegunungan karst Rammang-Rammang, juga taman purbakala Leang-Leang, permandian alam Dolly dan sebagainya.

Salah seorang pengunjung di TWA Bantimurung, Nurlia mengatakan, setiap satu hari setelah Hari Raya Idul Fitri ataupun Idul Adha, ia bersama keluarga menyempatkan berekreasi ke Bantimurung atupun ke lokasi lainnya.

Rekreasi sambil membawa makanan khas lebaran seperti burasa, ketupat, atau lemang dan aneka lauk-pauk sangat nikmat dimakan bersama pada suasana alam.

Hal senada dikemukakan, pengujung lainnya di Kawasan karst Rammang-Rammang, Maros Junaeda.

Dia mengatakan, momen liburan menjadi hal yang penting untuk bersantai sejenak dengan teman atau kerabat, setelah bekerja rutin. Karena itu, sebelum kembali ke rutinitas lagi, ia dan teman-temannya ke tempat wisata untuk menyegarkan kembali (refresh) diri dan pikiran.

"Dengan menikmati pemandangan sambil kulineran, akan membuat diri jadi fresh kembali," ujarnya.

Petugas Loket di Rammang-Rammang, Mariani mengatakan, dalam kondisi normal biasanya pengunjung dermaga III di Perkampungan Beru hanya sekitar 20 - 100 orang per hari. Namun saat padat pengujung setelah hari raya keagamaan pengujung dapat mencapai 500 orang per hari.


  Suasana di lokasi destinasi wisata alam di kawasan karst Rammang-Rammang di Kabupaten Maros, Sulsel. Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024