Makassar (ANTARA) - Pj Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Arif Fakrulloh menekankan pentingnya informasi geospasial dalam mendukung pengembangan investasi dan pariwisata di daerah tersebut.

Prof Zudan dalam keterangannya di Makassar, Jumat, mengatakan informasi geospasial yang lengkap akan memudahkan pelayanan publik, pariwisata bahkan izin lokasi

. Jadi saya melihat sangat mendesak bagi daerah untuk memiliki data khusus yang lengkap, katanya.

Dijelaskannya, informasi geospasial juga pernah dijadikan peta investasi untuk menarik investor saat masih menjabat Pj Gubernur Sulawesi Barat beberapa waktu lalu.

“Informasi geospasialnya sampai ke peta investasi. Nanti kita bawa ke Gorontalo, Sulawesi Barat untuk batas wilayahnya,” ujarnya.

Bahkan ke depan, kata Prof Zudan, perluasan lokasi bisa dilakukan dengan tidak lagi menerapkan nama jalan melainkan titik koordinat Artinya, sudah berpindah alamat berdasarkan kata-kata dan angka hanyalah angka.

“Jadi demi investasi, pariwisata, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat (Trantibumlinmas) untuk menarik garis,”

jelasnya saat menjabat. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) memberikan pengalaman bahwa informasi geospasial itu penting.

“Di masa COVID-19 misalnya, bisa dilihat di mana zona merahnya,” jelas Zudan sebagai salah satu pembicara yang menggelar Talkshow. dalam Rapat Koordinasi Nasional Informasi Geospasial (Rakornas IG) 2024 di Jakarta.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024