Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuaan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Sulawesi Selatan siap menggelar Kejuaraan Menembak Piala Kapolda Sulselbar di Makassar, pertengahan 2014.

Sekretaris Umum Perbakin Sulsel Muhammad Iqbal di Makassar, Sabtu, mengatakan pihaknya akan mengundang 23 pencab Perbakin serta klub menembak yang tersebar di Sulsel untuk memeriahkan kejuaraan tersebut.

"Kami meminta seluruh pencab dan klub menembak di Sulsel untuk ambil bagian. Sebab kejuaraan ini menjadi ajang seleksi memperkuat Sulsel di Kapolri Cup 2014 yang juga merupakan babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar 2016," katanya.

Terkait jadwal pelaksanaan, Pengprov Perbakin Sulsel pada awalnya telah merencanakan pada Juni 2014. Namun berhubung waktunya yang bertepatan dengan agenda Pemilu maka kemungkinan akan mengalami perubahan. Pihaknya juga masih terus berkoordinasi dengan PB Perbakin terkait jadwal pelaksanaan.

Pelaksanaan Piala Kapolda 2014, kata dia, juga merupakan upaya pengurus baru Perbakin Sulsel untuk lebih mempopulerkan dan meningkatkan prestasi atlet menembak Sulsel. Apalagi cabang olahraga menembak juga sudah mulai digemari masyarakat.

Pengprov Perbakin Sulsel juga berkomitmen memajukan pembinaan secara merata disetiap daerah di Sulsel. Pihaknya optimistis dengan upaya ini akan membuat Sulsel dapat melahirkan banyak atlet yang bisa mengharumkan nama daerah ditingkat nasional hingga internasional.

"Sebelum pelaksanaan Piala Kapolda, kami bersama UKM Perbakim Unhas juga akan menggelar kejuaraan menembak metal silhoutte, 26-27 April 2014. Ini juga menjadi uaya mendapatkan bibit atlet yang potensial," jelasnya.

Sekretaris Umum KONI Sulsel Addien, meminta komposisi baru Perbakin Sulsel bisa lebih fokus dalam mempersiapkan diri menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016.

Untuk cabang menembak Sulsel, kata dia, sejauh ini memang belum mampu menunjukkan prestasi seperti yang diharapkan. Namun pihaknya tetap optimistis cabang menembak bisa menjadi salah satu olahraga andalan Sulsel kedepan.

"Tim menembak Sulsel di PON Riau 2012 hanya meloloskan satu atlet dan itupun gagal memberikan prestasi. Namun dengan reshuffle kepengurusan pada awal 2014 lalu itu kita harapkan lebih fokus sehingga mampu meraih hasil yang lebih baik," ujarnya. Agus Setiawan

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024