Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menerima berkas pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Sudirman-Fatma) dengan akronim Andalan Hati

"Tadi sudah dilihat perolehan syarat sah partai dari 10 partai yang mendukung lebih dari 382 ribu. Persyaratan calon sudah diperiksa termasuk dokumen syarat calon sudah lengkap," kata Ketua KPU Sulsel Hasbullah saat menerima berkas di Kantor KPU setempat, Kamis.

Dari hasil verifikasi berkas, untuk syarat dokumen pencalonan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi dinyatakan telah memenuhi syarat.

Hasbullah menegaskan dokumen pendaftaran bapaslon Sudirman-Fatma setelah diterima, selanjutnya di proses ke tahapan selanjutnya melalui penelitian administrasi hingga batas akhir 4 September 2024.

"Sebagai ketua KPU, saya menyatakan syarat pencalonan dan syarat calon itu telah memenuhi syarat dan diterima untuk diproses selanjutnya," papar Hasbullah menegaskan.

Sementara itu, bakal calon gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan rasa syukur usai mendaftar sekaligus menyerahkan berkas dan dukungan pendaftaran yang dinyatakan lengkap oleh KPU Sulsel.

"Alhamdulilah, sebagaimana dibacakan tadi, seluruh berkas yang diserahkan telah dinyatakan lengkap untuk di proses ke tahap selanjutnya," kata mantan Gubernur Sulsel ini kepada wartawan usai mendaftar.

Adik kandung Menteri Pertanian Amran Sulaiman ini menyebut ada 10 partai politik yang mendukungnya. Sudirman meminta kepada timnya, setelah pendaftaran ini maka siap melanjutkan ke tahap selanjutnya.

"Kami berdua mengapresiasi teman-teman partai yang telah mendukung kami. Teman-teman LO (Liaoson Officer) juga telah bekerja keras pada hari ini kami ucapkan terima kasih. Mari kita lanjut pada tahapan berikutnya. Dan sebagai bakal calo mari kira menunggu persyaratan selanjutnya (penetapan calon)," paparnya.

Sebagai bakal pasangan calon dengan mengusung tagline Andalan Hati mengajak semua pihak menegakkan pedoman hidup masyarakat Sulsel yakni sipakatau dan sipakalebbi serta mengedepankan sopan santun dalam proses tahapan Pilgub Sulsel.

Sebelum pendaftaran, bapaslon Andalan Hati ini dengan jargon Sulsel Maju dan Berkarakter menggelar deklarasi di Hotel Claro, Jalan Andi Pangeran Pettarani sebelum menuju kantor KPU Sulsel.

Bapaslon ini diusung 10 Partai Politik masing-masing Partai NasDem, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, Hanura, Gelora, PSI, dan Perindo. Dari pantauan, proses pendaftaran bapaslon Sudirman-Fatma dari hotel Claro diantar sejumlah ratusan pendukungnya menuju kantor KPU Sulsel.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024