Makassar (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan melalui UPT Perpustakaan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan Ibu dan Anak (SIPANDA) di Ruang Edukasi Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak di Makassar, Senin.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Asriady Sulaiman mengatakan aplikasi ini dirancang untuk mempermudah pengunjung, terutama dari kalangan PAUD, TK, dan SD, dalam mengakses layanan perpustakaan lebih efisien dan modern.

Mentor dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) ini mengungkapkan harapannya agar aplikasi Sipanda dapat menjadi terobosan yang memperkuat layanan perpustakaan ibu dan anak, serta meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan umumnya.

Dengan hadirnya aplikasi SIPANDA, diharapkan layanan perpustakaan bagi ibu dan anak dapat semakin optimal, serta mendorong peningkatan literasi dan kegemaran membaca masyarakat di Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara itu Kepala UPT Perpustakaan Sulsel Kaharullah menjelaskan SIPANDA memungkinkan pengunjung untuk mendaftar secara daring dalam kelompok hingga 50 orang per hari dari Senin hingga Jumat.

Pengunjung juga dapat melihat jadwal kunjungan yang telah ditentukan, mengakses berita terkait Perpustakaan Ibu dan Anak, serta menyampaikan kritik dan saran demi peningkatan kualitas layanan perpustakaan.

"Informasi tambahan bahwa Perpustakaan Ibu dan Anak dibuka secara umum mulai hari Senin sampai Ahad," ujarnya.

Acara peluncuran ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan Kepala PAUD, TK, dan SD se-Kota Makassar, yang memberikan dukungan penuh terhadap program ini.

Kehadiran sponsor dari PLAY N LEARN serta Lembaga Ibu dan Anak (LEMINA) sebagai pemangku kepentingan eksternal juga memperkuat komitmen bersama dalam mendukung aplikasi SIPANDA.

Setelah sambutan dari Sekretaris Dinas Perpustakaan, acara dilanjutkan dengan pemutaran video penggunaan aplikasi SIPANDA yang memberikan gambaran praktis tentang cara menggunakannya.

Acara ini diakhiri dengan pemberian plakat penghargaan kepada para pihak yang telah berkontribusi dalam pengembangan aplikasi SIPANDA, serta kunjungan langsung ke layanan Perpustakaan Ibu dan Anak.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024