Makassar (ANTARA) - Pelindo Jasa Maritim (SPJM) sebagai salah satu subholding dari Pelindo Group, bersinergi dengan PT Kaltim Melati Bhakti Satya (KTMBS) melalui pembentukan Tim Bersama untuk mengembangkan potensi kemaritiman dan bisnis terkait di Kalimantan Timur.

"Bertepatan dengan Hari Pelanggan 2024, SPJM menginisiasi satu langkah sinergi bersama mitra strategis di wilayah Kalimantan Timur untuk berkolaborasi menggali potensi pengembangan bisnis kemaritiman," kata Direktur Strategi dan Komersial SPJM Yossianis Marciano, di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan hal itu dilakukan sebagai salah satu wujud dukungan terhadap peningkatan perekonomian daerah melalui efisiensi biaya logistik (logistics cost). 

Dengan adanya efisiensi logistic cost diharapkan dapat menghasilkan penghematan biaya produksi, waktu pengiriman yang lebih cepat, peningkatan kepuasan pelanggan dan daya saing secara keseluruhan.

Menurut Yossianis, sebagai bagian dari BUMN Pelindo Grup juga memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi kepada perekonomian daerah.

Oleh karena itu, salah satu strategi yang dilakukan adalah bersinergi dengan Perusahaan Perseroan Daerah KTMBS untuk bersama-sama menggali dan merealisasikan potensi strategis daerah Kalimantan Timur. 

"Kami melihat bahwa SPJM dan KTMBS memiliki kesamaan yaitu stream bisnis yang beragam sehingga tentunya peluang pengembangan bisnis yang bisa dikolaborasikan juga cukup luas, dan inilah yang perlu segera kita gali dan realisasikan bersama," ujarnya.

Senada dengan pernyataan tersebut, Direktur Utama KTMBS, Aji Abidharta W Hakim menyambut baik inisiasi yang memang telah beberapa kali didiskusikan bersama SPJM. 

Dia menyatakan bahwa sinergi SPJM dan KTMBS ini bisa menjadi contoh untuk pengembangan bidang lain di luar dari jasa kemaritiman. Sebelumnya Pelindo dan KTMBS juga telah bekerja sama untuk pengembangan Kaltim Kariangau Terminal dan Pengamanan Aset Jembatan Mahulu dan Mahakam. 

"Harapannya sinergi ini memberikan kebermanfaatan ekonomi untuk daerah Kalimantan Timur khususnya dan negara pada umumnya," ujarnya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024