Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat berkomitmen melakukan pencegahan dan melakukan penanganan kekerasan anak di sekolah.

"Pemprov Sulbar telah membuktikan komitmennya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pancasila," kata Asisten I Pemprov Sulbar Muhammad Jaun, di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, Pemprov Sulbar telah berhasil meraih penghargaan kategori cerdas berkarakter tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikburistek).

Menurut dia, penghargaan tersebut diraih karena Pemprov Sulbar melakukan pencegahan dan penanganan kekerasan dilingkungan sekolah, dan melaksanakan implementasi pendidikan karakter Pancasila tersebut.

"Penghargaan tersebut diraih atas keberhasilan pemerintah membangun karakter pancasila dilingkungan pendidikan, dengan melakukan pencegahan dan penanganan kekerasan dilingkungan sekolah sehingga dapat diminimalisir," katanya.

Ia mengatakan, Kemendikbudristek juga telah memberikan apresiasi kepada Pemprov Sulbar sebagai pemerintah dengan kategori pemerintah cerdas dan berkarakter.

"Pemprov Sulbar telah menciptakan iklim pendidikan yang menjiwai kebinekaan sehingga mendapatkan penghargaan pendidikan cerdas berkarakter," tambahnya.

Ia berharap, lewat penghargaan ini menjadi motivasi bagi dunia pendidikan di Provinsi Sulbar agar lebih menciptakan lingkungan yang baik, nyaman bagi siswa, sehat dan tidak ada kekerasan.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024