Kuala Lumpur (ANTARA) - Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10) dalam lawatan kerjanya di Jakarta pada 19-20 Oktober 2024.

Kementerian Luar Negeri Malaysia (Wisma Putra) dalam pernyataan pers diterima di Kuala Lumpur, Sabtu, mengatakan lawatan kerja PM Anwar atas undangan Pemerintah RI untuk menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran yang akan diadakan di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) besok.

Anwar yang melakukan lawatan kerja didampingi Ketua Menteri Sabah Panglima Haji Hajiji Haji Noor dan pejabat senior dari Kantor Perdana Menteri dan Kementerian Luar Negeri dijadwalkan juga melakukan kunjungan hormat kepada presiden baru.

Prabowo Subianto mengambil alih tugas Joko Widodo sebagai Presiden RI yang telah menjabat sebagai Presiden ke-7 RI selama dua periode sejak 2014 sampai dengan 2024.

Pernyataan itu mengatakan bahwa Pemerintah Malaysia memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas peran Joko Widodo dalam memperkuat hubungan bilateral antara Malaysia dan Republik Indonesia.

Pemerintah Malaysia juga berkomitmen untuk melanjutkan hubungan erat antara kedua negara di bawah pemerintahan baru yang dipimpin oleh Prabowo Subianto.

Lawatan kerja itu, menurut Wisma Putra, melambangkan hubungan bilateral khusus antara Malaysia dan Republik Indonesia didukung oleh kerja sama yang erat di berbagai bidang sesuai kepentingan bersama.

Pada 2023, Indonesia menjadi mitra dagang terbesar ke-7 Malaysia secara global dan terbesar ke-3 di ASEAN, dengan total nilai perdagangan mencapai 24,39 miliar dolar AS (111,21 miliar ringgit Malaysia) atau sekitar Rp393,5 triliun.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PM Malaysia Anwar Ibrahim hadiri pelantikan Prabowo-Gibran 

Pewarta : Virna P Setyorini
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024