Kendari (ANTARA Sulsel) - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara mendorong mahasiswa membudayakan penelitian sebagai upaya mengasah kemampuan akademik dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Dekan FMIPA UHO, Dr Muhamad Zamrun di Kendari, Senin mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk terus menggali ide-ide penelitian yang inovatif sehingga dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan masyarakat.

"Untuk membiasakan mahasiswa dalam melakukan penelitaian yang bermanfaat bagi masyarakat, kami mendorong agar penelitian yang dilakukan oleh dosen untuk melibatkan mereka,"ujarnya.

Ia menambahkan, Selain melibatkan mahasiswa didalam penelitian yang dilakukan oleh dosen, mahasiswa juga terus didampinggi agar mampu berkarya dalam menciptakan penemuan-penemuan baru.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan generasi produktif yang mampu bersaing dan bermanfaat bagi masyarakat.

Lanjut Dekan FMIPA UHO itu, dosen dan mahasiswa dihapakan mampu menjadi rekan dalam penelitian ilmiah untuk memacu kreativitas dalam menciptakan karya inovatif penelitian yang bermanfaat bagi diri dan lingkungannya.

Sehingga dengan melibatkan mahasiswa dalam setiap penelitian dan terus melakukan bimbingan akan menambah khasanah pengetahuan bagi mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa Indonesia yang dituntut memiliki kecerdasan dan dapat mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya.

"Kita komitmen menciptakan mahasiswa yang berperan aktif dan berkontribusi untuk memajukan sumber daya manusia, dari komitmen tersebut kita bisa melihat ada tujuh tim PKM dari MIPA yang akan tampil pada Pimnas,"ujarnya.

Untuk diketahui FMIPA UHO meloloskan tujuh tim dari 14 tim PKM yang mewakili UHO yang akan mengikuti Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) ke-28 yang akan diselenggarakan di Kendari. 

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024