Makassar (Antara Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar meraih penghargaan terbaik se-Indonesia dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2015 berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD).

Penyerahan dilakukan langsung oleh Menteri Kordinator Politik Hukum & Keamanan (Menkopolhukam) Jenderal TNI (Purn) Wiranto mewakili Presiden Joko Widodo kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto pada peringatan hari Otonomi Daerah XXI tahun 2017 di alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa.

"Terima kasih kepada seluruh perangkat daerah yang ada dan seluruh dukungan masyarakat kota Makassar. Ini adalah kerja- kerja tim dan kerja by design secara massif. Alhamdulillah dalam masa dua tahun kita sudah berhasil mendapatkan penghargaan penyelenggaraan pemerintah daerah terbaik atau tertinggi secara nasional. Kita peringkat pertama dari 10 besar tingkat nasional," ujar wali kota.

Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan, hal terpenting dari penghargaan ini dapat berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan capaian tahun ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Disebutkannya, Makassar di tahun 2016 lalu memiliki sejumlah program unggulan di berbagai bidang. Salah satunya, Badan Usaha Lorong (BULo) dengan cabe sebagai komoditi utama.

Tujuan dari program BULo untuk menekan inflasi dalam negeri, meningkatkan jumlah ruang terbuka hijau (RTH) Makassar juga ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan masayarakat lorong.

Pada penyerahan penghargaan untuk kategori provinsi terbaik, kota dan kabupaten terbaik, selain dilakukan oleh Menkopolhukam Jenderal (Purn) Wiranto, juga dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo disaksikan Direktur Jenderal (Dirjen) Otda Kemendagri Soemarsono.

"Alhamdulillah. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita bekerja bersama - sama. Berkat dukungan masyarakat, dan perangkat daerah prestasi ini dapat diraih oleh Pemerintah kota Makassar," kata Wali Kota Danny.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024