Makassar (Antara Sulsel) - Badan Pengurus Pusat Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (BPP PISPI) bekerjasama dengan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menggelar pelatihan bersama mengembangkan sistem "urban farming" atau berkebun di kota di Kampus Unhas.

"Pengembangan `Urban Farming` melalui pelatihan Hidroponic sangat berguna, apalagi kondisi perkotaan saat ini. Jika kita mengetahui pengembangan urban farming, maka bisa kita memanfaatkan ruang yang ada tanpa lahan yang banyak," kata Ketua OKK BPP PISPI Kamhar Lakumani di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Menurut dia, semakin terbatasnya lahan akibat pembangunan, membuat kegiatan berkebun jarang ditemukan di kota. Apalagi tidak tersedianya waktu bagi masyarakat kota yang cenderung sibuk dengan pekerjaannya.

Dengan berkebun di kota tidak mustahil dilakukan, karena sudah ada caranya. Sehingga berkebun di ruangan seadanya bisa dimaksimalkan dan hasilnya pun cukup lumayan bila dilakukan secara teliti dan telaten.

Dari sejumlah perwakilan IDI Sulsel, PISPI, LKMI, LPMI dan beberapa perwakilan mahasiswa Unhas telah menerima program pelatihan kemandirian masyarakat melalui model urban farming.

Mereka yang mengikuti kegiatan ini, lanjut dia, terlihat antusias, apa yang telah diberikan dalam pelatihan tersebut diharapkan dapat diimplementasikan guna pengembangan di tempat masing-masing.

"Jadi bisa dikatakan, urban farming atau berkebun di kota muncul sebagai jawaban atas kegelisahan masyarakat menyikapi semakin terbatasnya lahan karena bertambahnya bangunan dan gedung-gedung," ujar dia.

Selain itu, diperparah dengan tingkat polusi dan minimnya kawasan hijau membuat kota semakin gersang. Mereka yang masih peduli dengan lingkungan pun mencoba mencari jawaban atas kegelisahan itu.

"Dari sinilah konsep urban farming lahir dan akhirnya dikenal secara luas, kami berharap dengan pelatihan peserta dapat mengembangkan dan berguna bagi lingkungan sekitarnya," jelas dia.

BPP PISPI bersama PB IDI juga akan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan di Makassar. Sebelumnya, telah dilaksanakan seminar Gizi Nasional dalam rangka PHBDI ke-109 di Kampus Unhas.

"Masih ada beberapa rangkaian kegiatan lagi kedepan seperti kelas inspirasi dan rembug nasional, salah satu kegiatan hari ini adalah pelatihan `Urban Farming`," tambahnya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024