Rantepao (Antara Sulsel) - Pemerintah Jepang menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara (Pemkab Torut) untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM)  di bidang pendidikan, pariwisata dan pertanian.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Kabupaten Torut Fitra di Rantepao, Rabu, mengatakan untuk menjajaki kerjasama peningkatan SDM, delegasi Jepang  yang dikoordinir Yosef  menggelar pertemuan dengan Pemkab Torut  di Rantepao, Senin (5/6).

Menurut Fitra,  pertemuan itu dihadiri  Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan,  Asisten  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Torut Rede Roni Bare, dan Kepala Dinas Pertanian Torut Daud Pongsapan.

"Pertemuan ini merupakan gambaran persahabatan antara Kabupaten Toraja Utara dan Jepang.  Dalam pertemuan ini, kami telah membahas tentang kemungkinan kerja sama di bidang pendidikan, pertanian dan pariwisata," ujar Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan.

Sementara itu, Asisten  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Torut Rede Roni Bare mengatakan pertemuan ini merupakan langkah awal pemerintah dalam meningkatkan SDM generasi muda di bidang pendidikan, peningkatan mutu dan kualitas pertanian, serta meningkatkan pariwisata.

Menurut dia, khusus di bidang Pendidikan, kedepannya generasi muda yang lulusan SMP, SMU, maupun Sarjana (S1) yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi bisa ke Jepang.

"Tetapi sebelum ke Jepang, calon didik akan dibina di Makassar selama enam Bulan untuk adaptasi serta pembekalan bahasa dan budaya jepang," ungkap Rede.

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024