Toraja Utara (Antaranews Sulsel) - Pesta kembang api memeriahkan penutupan kegiatan puncak promosi wisata Sulawesi Selatan "Lovely December"  di Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, pada Sabtu, malam (30/12).

"Ini adalah puncak seluruh kegiatan yang dipusatkan di destinasi Rantepao, Toraja Utara," kata Sekda Toraja Utara, Rede Roni Bare di Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sabtu malam.

Dia mengatakan, pesta kembang api ini merupakan wujud suka cita masyarakat dan pihak pemerintah setempat. Sedang kegiatan "Lovely December" ini sendiri, selain menjadi ajang promosi adat budaya Toraja, juga promosi industri kreatif dan aneka jajanan khas Toraja.

Sebelum kegiatan ini ditutup, telah digelar berbagai kegiatan seperti festival kopi, kontes kerbau khas Toraja dan juga mencicipi kopi yang memecahkan Rekor MuRI.

Mencicipi kopi dengan target peserta dan pengunjung "Lovely December" pada Rabu (28/12) lalu sekitar 5.000 orang, separuhnya telah mencicipi kopi yang sudah diracik dan siap minum.

Menurut Senior Manager MuRI, Yusuf Ngadri disela-sela penyerahan sertikat MuRI pada pejabat pemerintah Toraja Utara, pemberian sertifikat MuRI ini karena kategori jumlah terbanyak.

Sementara kemeriahan pesta kembang api pada penutupan "Lovely December" disambut positif oleh warga di Rantepao dan sekitarnya.

"Pesta kembang api ini adalah yang paling meriah sepanjang kegiatan ini digelar pertama kali sejak 2008," kata seorang warga Rantepao, Julius Rombe.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024