16 kampus ikuti IKTM kemaritiman di Makassar

id lktm

Para peserta terlihat serius mengikuti Lomba Karya Tulis Mahasisiwa (LKTM) dan Festival Inovasi Teknologi Kemaritiman Tingkat Nasional 2018 yang bertema 'Inovasi IPTEKS Kemaritiman di Era Revolusi Industri 4.0' di Universitas Hasanuddin, Makassar, Jumat.(2/11) (Istimewa)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Sebanyak 16 kampus menghadiri kegiatan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) dan Festival Inovasi Teknologi Kemaritiman Tingkat Nasional 2018 yang bertema "Inovasi IPTEKS Kemaritiman di Era Revolusi Industri 4.0" di Universitas Hasanuddin, Makassar, 2-4 November 2018.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof Dr dr Andi Arsunan, M Kes mengatakan di Makassar, Jumat, kegiatan ilmiah tahunan yang digagas dan diselenggarakan Unhas tersebut akan dijadikan agenda nasional oleh Kemenristekdikti.

"Mari kita berkompetisi dengan sehat. Juara memang penting, dapat medali itu bagus, tapi jauh lebih penting ukhuwah dan silaturrahmi di antara sesama mahasiswa Indonesia," kata Wakil Rektor III Unhas itu.

Ia menjelaskan, kegiatan yanh dilaksanakan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin itu merupakan kebanggaan, sebab Unhas menjadi pionir dalam pelaksanaan lomba karya ilmiah di bidang kemaritiman.

Kegiatan lomba karya ilmiah semacam ini penting karena menjadi ajang melatih kemampuan "hard skill" dan "soft skill".

Dia berharap, para peserta lomba dapat mengikuti kompetisi tersebut dengan baik.

LKTM Kemaritiman merupakan ajang ilmiah yang telah digelar sejak tahun 2012, namun pada saat itu baru pada tingkat regional. Kegiatan ini menjadi ajang tingkat nasional pada 2015.

LKTM Kemaritiman 2018 dirangkaikan dengan festival inovasi teknologi kemaritiman yang ditandai dengan pameran poster hasil karya dan produk para peserta mahasiswa.

Kegiatan ini diikuti 44 tim mahasiswa yang terdiri atas 26 tim di bidang teknologi kemaritiman, 8 tim di bidang sosial ekonomi dan kebijakan, dan 10 tim bidang festival inovasi. Para peserta lomba LKTM berasal dari 16 perguruan tinggi, yakni:

Universitas Padang, Universitas Presiden, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Bosowa, Universitas Pendidikan Ganesa, dan Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Kemudian, Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Mulawarman (Unmul), Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya, Universitas Nusa Cendana Bali, Universitas Gadjah Mada (UGM),?Universitas Brawijaya (UB), Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Jakarta, dan Universitas Hasanuddin.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar