GSMS kembangkan bakat siswa dorong sektor pariwisata

id gsms

Siswa SMP Negeri 4 Makassar seusai tampil pementasan teater pada kegiatan GSMS 2018 di Perpustakaan Multimedia, Makassar, Rabu (12/12). (Foto Antara/S Mappong/18)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) 2018 yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bertujuan mengembangkan bakat siswa sekaligus mendorong sektor pariwisata.

"Kegiatan GSMS 2018 yang digagas kementerian merupakan bagian dari pendidikan karakter, sekaligus memperkenalkan siswa pada seni budaya," kata Staf Ahli Bidang I Pemkot Makassar A Azis Hasan di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, program GSMS 2018 ini menyasar 36 sekolah yang didalamnya adalah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Menurut dia, bakat seni di kalangan siswa jika diasah dan dikembangkan akan menjadi potensi besar dalam mendukung sektor pariwisata di daerah ini.

Dengan mengajak seniman masuk sekolah, lanjut dia, siswa dapat mengenal lebih dekat dengan penggiat seni sekaligus menimba ilmu dan pengalamannya.
 

Sementara itu, salah seorang seniman yang ikut program GSMS 2018 Rusdin Tompo mengatakan, kegiatan ini dapat menjadi model pariwisata dengan pendekatan "city tour" untuk menikmati hasil karya seni budaya siswa yang tak kalah dengan penggiat seni budaya dari sanggar seni.

Realisasi dari program kementerian itu, terwujud dari pementasan seni tari, teater, musik, sastra dan pameran lukisan dari siswa binaan GSMS selama tiga bulan terakhir.

Sementara itu, salah seorang siswa SMP Negeri 4 Makassar, Nur Kholishah mengatakan, sangat senang mengikuti kegiatan ini karena dapat menambah wawasan dan lebih mengenai seni budaya warisan leluhur.

"Selain itu, juga dapat saling kenal dengan siswa dari sekolah lain untuk mempererat silaturrahim," katanya.
 
Siswa melihat pameran lukisan hasil dampingan dari program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) 2018, Rabu (12/12). (Foto Antara/S Mappong/18)
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar