Gubernur Sulsel dan Ehime Temui Sekretaris Kabinet Jepang

id gubernur Sulsel, gubernur Ehime,Jepang,nurdin abdullah

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah (kiri) bersama sekretaris kabinet Yoshihide Suga di Jepang, Rabu (6/3/2019). (ANTARA FOTO/HO)

"Dari pembahasan yang ada, termasuk mereka akan membantu pengembangan UKM terutama untuk di sekitar Rest Area yang dibangun Pemprov," kata Kepala Litbang Sulsel, Iqbal Suhaeb, yang ikut mendampingi Gubernur.
Makassar (ANTARA) - Gubernur  Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Gubernur Prefekture Ehime Tokihiro Nakamura, bertemu dengan Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga di Kantor Kabinet Jepang di Chiyoda-ku, Tokyo sebagai tindak lanjut Pemerintah Jepang terkait rencana kerja sama dalam berbagai bidang. 

Nurdin Abdullah dan Nakamura bersama orang kedua di Pemerintahan Jepang tersebut sepakat bertemu setelah Perdana Menteri Shinzo Abe membahas tentang rencana Pemerintah Jepang dalam mendukung kereta api di Sulsel, pengembangan jalan tol, penerbangan langsung Makassar-Jepang, pengembalian status Kantor Perwakilan Jepang menjadi Konjen di Makassar, serta pengembangan UKM.

"Dari pembahasan yang ada, termasuk mereka akan membantu pengembangan UKM terutama untuk di sekitar Rest Area yang dibangun Pemprov," kata Kepala Litbang Sulsel, Iqbal Suhaeb, yang ikut mendampingi Gubernur.

Ini merupakan kunjungan kedua Nurdin Abdullah setelah sebelumnya, Pemerintah Ehime melakukan kunjungan balasan ke Sulsel pertengahan Januari lalu.

Saat itu, dilakukan kerjasama berbagai bidang termasuk perikanan, transfer pengetahuan dan teknologi antara Jepang dan Indonesia.

Sementara itu, Nurdin Abdullah beberapa waktu lalu menjelaskan, penerbangan ke Jepang dari Makassar akan dibuka pada Juni mendatang.

"Maskapai Garuda sudah presentase. Insya Allah awal Juni, penerbangan tiga kali seminggu Makassar - Osaka. Demikian juga Osaka - Makassar. Mudah-mudahan turis semakin banyak," ujarnya.

Kemarin, Senin, Ehime University Jepang, Pemprov Sulsel, dan Unhas menyepakati perpanjangan kerjasama di bidang pendidikan.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar