Penumpang Pelni di Pelabuhan Baubau mulai membludak

id pelni

Ratusan penumpang KM Sinabung milik PT Pelni tiba di pelabuhan Murhum Baubau pada H-2 puasa atau Jumat (3/5/2019). (ANTARA/Azis Senong)

Baubau (ANTARA) - Arus penumpang KM Sinabung milik PT Pelni yang tiba di Pelabuhan Murhum Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, pada Jumat membludak jelang puasa atau H-2 bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah/2019 Masehi.

Kepala Seksi Kesyahbandaran Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas 1 Baubau, Muh Irfan Jayadinata di Baubau mengatakan, ratusan penumpang tiba dari Pelabuhan Makassar (Sulsel) itu sebanyak 884 orang, sedangkan penumpang naik kapal mencapai 714 orang.

"Ini terbilang masih normal, karena pada hari biasa juga kondisi arus penumpang baik turun dan naik kapal tidak jauh berbeda," katanya.

Ratusan penumpang tiba tersebut, menurut dia, selain karena masyarakat ingin merayakan pembukaan puasa bersama keluarga, juga bertepatan hari libur sekolah pascapelaksanaan ujian nasional.

"Kemungkinan mereka paling lama sekitar tiga atau empat hari dan kemudian kembali lagi," katanya.

Ratusan penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Murhum dengan menumpangi KM Sinabung itu, kata dia, akan menyinggahi sejumlah pelabuhan di nusantara yakni Pelabuhan Banggai, Bitung,Ternate, Bacan, Sorong, Manokwari, Biak dan Jayapura.

Irfan juga menambahkan, selain KM Sinabung, selanjutnya masih ada kapal Pelni lainnya yang akan sandar di Pelabuhan Murhum Baubau menjelang bulan puasa ini.

"Hingga 5 Mei 2019 masih ada kapal Pelni akan masuk, hanya saja saat ini estimasi penumpang belum dapat dihitung secara pasti," ujarnya.

Pemantauan Antara di Pelabuhan Murhum Baubau, selain ratusan penumpang tiba dan berangkat yang menumpangi kapal Pelni, juga terdapat armada kapal cepat Ekpres Bahari tujuan Raha-Kendari yang memuat cukup banyak penumpang.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar